Tertular Corona di Penjara, Orang Kepercayaan Aung San Suu Kyi Meninggal

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 17:54 WIB
Naypyitaw -

Orang kepercayaan pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi, yang dilengserkan kudeta militer pada Februari lalu dilaporkan meninggal dunia setelah terinfeksi virus Corona (COVID-19) di dalam penjara.

Seperti dilansir AFP, Selasa (20/7/2021), otoritas junta militer Myanmar mengumumkan bahwa Nyan Win meninggal dunia dalam usia 78 tahun pada Selasa (20/7) waktu setempat. Semasa hidup, Nyan Win dikenal sebagai anggota senior dan mantan juru bicara Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang dipimpin Suu Kyi.

Dia ditangkap setelah kudeta pada 1 Februari lalu melengserkan NLD dari pemerintahan Myanmar. Nyan Win ditahan di penjara Insein atas dakwaan penghasutan.

"U Nyan Win ditemukan dengan gejala COVID pada 11 Juli dan dipindahkan ke Rumah Sakit Umum Yangon... untuk mendapatkan perawatan," tutur juru bicara Dewan Administrasi Negara -- sebutan resmi untuk junta Myanmar, Zaw Min Tun.

"Dia meninggal dunia pada pagi ini, pukul 09.00 waktu setempat, di rumah sakit," imbuhnya.

Zaw Min Tun menambahkan bahwa Nyan Win memiliki penyakit bawaan yakni hipertensi dan diabetes.

Sebagai politikus veteran yang bekerja untuk isu hak asasi manusia (HAM), Nyan Win menjadi satu-satunya orang yang diperbolehkan bertemu Suu Kyi selama rezim junta militer sebelumnya saat dia menjadi tahanan rumah selama 15 tahun.

Selanjutnya
Halaman
1 2