5 Kasus Penularan Lokal Corona Terdeteksi, Adelaide Di-lockdown

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 15:09 WIB
Kota Perth dan sejumlah wilayah lainnya di Australia Barat memberlakukan lockdown sejak hari Minggu kemarin (31/01), setelah ditemukan satu kasus positif COVID-19.
Ilustrasi (dok. Getty Images/Matt Jelonek)
Adelaide -

Otoritas Australia tengah berjuang mengendalikan kemunculan wabah baru virus Corona (COVID-19) yang menyebar dengan cepat. Adelaide menjadi kota selanjutnya di negara ini yang di-lockdown mulai Selasa (20/7) waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, Selasa (20/7/2021), negara bagian Australia Selatan, dengan Adelaide sebagai ibu kotanya, menyatakan akan bergabung dengan kota Sydney dan Melbourne dalam menerapkan lockdown di wilayahnya akibat penyebaran Corona.

Lockdown akan diterapkan di Adelaide setelah lima kasus penularan lokal di wilayah tersebut. Keputusan ini berarti lebih dari 14 juta warga yang di wilayah tersebut kini berada di bawah perintah untuk tetap berada di rumah.

"Mulai pukul 18.00 waktu setempat, Australia Selatan mulai menerapkan lockdown," ucap Premier Australia Selatan, Steven Marshall.

Dia mengindikasikan bahwa langkah pembatasan ketat ini akan diberlakukan setidaknya selama tujuh hari ke depan.

"Kami benci menerapkan pembatasan ini, tapi kami meyakini bahwa kami hanya memiliki satu kesempatan -- satu kesempatan untuk melakukannya dengan benar," imbuhnya.

Sebagian besar warga Australia belum divaksinasi Corona, dengan sejauh ini baru 11 persen dari total 25 juta jiwa penduduk negara itu yang telah divaksinasi. Namun hingga kini, penularan secara luas di tengah masyarakat telah dapat ditanggulangi.

Simak juga Video: Terdeteksi 65 Kasus Covid-19 saat Sydney Lockdown

[Gambas:Video 20detik]