Suriah Tembak Jatuh Rudal-rudal Israel di Aleppo

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 10:10 WIB
Suriah lumpuhkan rudal yang ditembakkan pesawat Israel di dekat Ibu kota Damaskus
Ilustrasi (dok. BBC World)
Damaskus -

Sistem pertahanan udara Suriah dilaporkan berhasil menembak jatuh sejumlah rudal Israel di atas wilayah Provinsi Aleppo. Serangan rudal Israel itu ditargetkan terhadap posisi Garda Revolusi Iran yang mendukung rezim Suriah dan sebuah pabrik senjata.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Selasa (20/7/2021), serangan rudal Israel itu terjadi pada Senin (19/7) malam waktu setempat.

"Pada Senin (19/7) sekitar pukul 23.37 waktu setempat... musuh Israel melancarkan serangan udara ke arah tenggara Aleppo, menargetkan posisi-posisi di area Al-Safira," demikian laporan kantor berita Suriah, SANA News Agency, yang mengutip sumber militer Suriah.

"Pertahanan udara kita mencegat rudal-rudal itu... menembak jatuh sebagian besar rudal," imbuh laporan itu.

Ditambahkan SANA News Agency bahwa dampak kerusakan akibat rudal-rudal Israel itu masih dalam penaksiran.

Pasukan oposisi Suriah menyebut serangan udara itu menargetkan pangkalan Garda Revolusi Iran dan sebuah pabrik senjata, sebagai kelanjutan atas serangan Israel terhadap aktivitas penelitian dan pengembangan militer Iran selama setahun terakhir.

Pemerintah Suriah tidak pernah mengakui bahwa serangan semacam itu ditujukan pada aset-aset Iran di Suriah, yang sebelumnya disebut hanya terbatas pada sejumlah penasihat militer.

Lihat juga Video: Abbas dan Erdogan Bertemu Bahas Situasi Palestina-Israel

[Gambas:Video 20detik]