Terus Bertambah, 165 Orang Tewas Akibat Banjir di Jerman

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 18:08 WIB
Banjir jerman
banjir di Jerman telah menewaskan 165 orang (Foto: AP/Thomas Frey)
Jakarta -

Korban tewas akibat banjir dahsyat di Jerman telah bertambah menjadi 165 orang, saat para petugas layanan darurat terus menyisir kota-kota yang porak-poranda guna mencari puluhan orang yang masih hilang.

Hujan lebat yang turun di Jerman barat selama dua hari pada minggu lalu, telah menyebabkan banjir di jalan-jalan, menyapu pohon, mobil dan gudang, dan menghancurkan rumah-rumah.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Senin (19/7/2021), banyak korban ditemukan tewas di ruang bawah tanah yang terendam air setelah mencoba mengambil barang-barang berharga, sementara yang lain terseret oleh derasnya banjir.

Pekerja darurat telah dikerahkan untuk memeriksa bangunan yang rusak, membersihkan puing-puing dan memulihkan layanan gas, listrik, dan telepon.

Di beberapa daerah, polisi telah mengerahkan speedboat dan penyelam untuk mengevakuasi jenazah.

Seorang juru bicara polisi kepada AFP, sebanyak 117 orang kini dipastikan tewas di negara bagian Rhineland-Palatinate, dengan 47 korban di negara bagian tetangga Rhine-Westphalia Utara dan satu korban di Bavaria.

Menteri Dalam Negeri Jerman Horst Seehofer dan Armin Laschet, kepala negara bagian North Rhine-Westphalia dan calon terdepan untuk menggantikan Angela Merkel sebagai kanselir, pada Senin (19/7) waktu setempat akan mengunjungi Euskirchen, salah satu kota yang terkena dampak banjir paling parah.