Dubes Afghanistan Ditarik dari Pakistan Usai Penculikan Putrinya

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 12:45 WIB
Bendera Afghanistan
Foto: Anadolu Agency
Jakarta -

Pemerintah Afghanistan menarik duta besarnya untuk Islamabad, Pakistan atas "ancaman keamanan" setelah putri sang dubes sempat diculik di Islamabad, ibu kota Pakistan.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Senin (19/7/2021), Kementerian Luar Negeri Afghanistan mengatakan Silsila Alikhil diculik selama beberapa jam pada hari Jumat (16/7) waktu setempat oleh orang tak dikenal dan "disiksa dengan parah".

"Menyusul penculikan putri duta besar Afghanistan di Pakistan, kepemimpinan Republik Islam Afghanistan telah menarik utusan Afghanistan dan diplomat senior lainnya dari Islamabad kembali ke Kabul sampai semua ancaman keamanan dihilangkan," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan yang dirilis Minggu (18/7) waktu setempat. Kementerian Luar Negeri Afghanistan menuntut penangkapan dan penuntutan para penculik.

Kementerian sebelumnya menyatakan, Alikhil sedang dalam perjalanan pulang di ibu kota Pakistan ketika dia diculik. Dikatakan dia berada di bawah perawatan medis di rumah sakit setelah dibebaskan.

Kemudian, Kementerian Luar Negeri Pakistan mengatakan bahwa putri dubes tersebut diserang di dalam mobilnya, dan menambahkan bahwa keamanan duta besar dan keluarganya kemudian diperketat.

Islamabad -- kota yang luas dengan populasi sekitar satu juta jiwa -- memiliki keamanan yang relatif ketat.

"Penculikan putri duta besar Afghanistan & penyiksaan selanjutnya telah melukai jiwa bangsa kita. Jiwa nasional kita telah disiksa," kata Wakil Presiden Afghanistan Amrullah Saleh di Twitter.