8 Orang Tewas Diserang Kelompok Bersenjata di Meksiko Utara, 6 Terluka

Tim detikcom - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 04:06 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Mexico -

Delapan orang tewas akibat serangan kelompok bersenjata di sebuah pesta di negara bagian Zacatecas, Meksiko Utara. Serangan itu terjadi di Kotamadya Panuco yang menjadi lokasi bentrokan belakangan ini.

"Serangan terhadap orang-orang yang berada di sebuah pesta. Sayangnya, delapan orang kehilangan nyawa mereka, dua wanita dan enam pria, semuanya dewasa," kata sekretariat keamanan Zacatecas dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AFP, Senin (19/7/2021) dini hari.

Dalam peristiwa ini enam orang mengalami luka. Jaksa di Zacatecas tengah menyelidiki serangan kelompok bersenjata itu.

Untuk diketahui, sel dari kartel narkoba Sinaloa beroperasi di Zacatecas. Ada konflik internal di dalam kartel Sinaloa dan Jalisco New Generation untuk mengontrol rute perdagangan narkoba ke Amerika Serikat.

Baru-baru ini serangkaian serangan mematikan terjadi di Zacatecas. Pada 25 Juni lalu bentrokan antar geng kriminal pecah di kota tersebut. Sebanyak 18 orang tewas.

Dua hari sebelumnya juga ditemukan mayat dua polisi yang hilang di sebuah jembatan. Dan, akhir bulan lalu kelompok bersenjata menyerang rumah di Fresnillo dan membunuh setidaknya tujuh orang.

Angka kekerasan terkait narkoba di Meksiko telah mengakibatkan 300 ribu kasus pembunuhan sejak Desember 2006. Data itu resmi dari pemerintah.

(idn/idn)