International Updates

18 Selamat Usai Pesawat Dilaporkan Hilang, Kerusuhan Afsel Renggut 212 Nyawa

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 17 Jul 2021 18:18 WIB
Ilustrasi Penerbangan, ilustrasi pesawat, pesawat terbang, ilutrasi perjalanan, pesawat
ilustrasi (Foto: Getty Images/Maja Hitij)
Jakarta -

Para pejabat Rusia menyebut "keajaiban" terjadi setelah sebuah pesawat penumpang melakukan pendaratan darurat di sebuah lapangan di Siberia, dan keseluruhan 18 orang di dalamnya, selamat dengan hanya mengalami luka dan memar.

Sebelumnya pesawat An-28, yang dioperasikan oleh Siberian Light Aviation (SiLA) itu dilaporkan hilang. Kantor Gubernur Sergei Zhvachkin mengatakan, pesawat penumpang itu terbang dari kota Kedrovy ke Tomsk ketika komunikasi terputus.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (17/7/2021), Kementerian Darurat kemudian mengumumkan bahwa pesawat itu telah ditemukan, tampaknya setelah melakukan "pendaratan keras", dan bahwa orang-orang yang selamat telah terlihat.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (17/7/2021):

- Varian Delta Mengganas, Jutaan Warga AS Ramai-ramai Divaksinasi

Di tengah menyebarnya varian Delta dari COVID-19, kasus infeksi dan jumlah kematian di Amerika Serikat mengalami lonjakan belakangan ini. Hampir seluruhnya adalah orang-orang yang tidak divaksinasi.

Melihat kondisi tersebut, warga AS yang belum divaksinasi terdorong untuk melakukan vaksinasi.

Seperti diberitakan Reuters dan Channel News Asia, Sabtu (17/7/2021), koordinator respons COVID-19 Gedung Putih, Jeff Zients mengatakan sekitar 5 juta orang telah divaksinasi di Amerika Serikat dalam waktu 10 hari terakhir, termasuk banyak orang di negara-negara bagian yang sejauh ini memiliki tingkat vaksinasi yang lebih rendah.

"Dalam seminggu terakhir, lima negara bagian dengan tingkat kasus tertinggi - Arkansas, Florida, Louisiana, Missouri dan Nevada - memiliki tingkat orang yang baru divaksinasi lebih tinggi," kata Zients.

- PM Malaysia: Vaksinasi Terbukti Turunkan Jumlah Kasus Serius COVID-19

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengatakan data menunjukkan bahwa vaksinasi telah berhasil mengurangi secara tajam jumlah kasus serius COVID-19 di negara itu.

Pemimpin negeri jiran itu mengatakan, hal itu terlihat dari angka masuknya lansia kategori kasus empat dan lima di Rumah Sakit Sungai Buloh yang turun lebih dari 50% dalam satu bulan terakhir.

"Sekarang dampak positif dari vaksinasi sudah mulai terlihat," katanya dalam unggahan di Facebook hari ini, seperti diberitakan kantor berita resmi Malaysia, Bernama, Sabtu (17/7/2021).

- Mengerikan! Kerusuhan di Afrika Selatan Tewaskan 212 Orang

Korban jiwa terus berjatuhan akibat kerusuhan yang melanda Afrika Selatan (Afsel). Pemerintah Afsel mengatakan kerusuhan telah merenggut 212 nyawa, naik tajam dari 117 kematian yang diumumkan pada hari sebelumnya.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (17/7/2021), Menteri Pemerintah Khumbudzo Ntshavheni mengatakan pada konferensi pers pada Jumat (16/7) waktu setempat, sebagian besar kematian baru tersebut terjadi di provinsi KwaZulu-Natal (KZN), yang menjadi pusat kekerasan.

Lihat Video: Pesawat Rusia Mendarat Darurat di Lapangan Gegara 2 Mesin Mati Bersamaan

[Gambas:Video 20detik]