Ratusan Warga Afghanistan Kabur ke Tajikistan Gegara Taliban

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 10:53 WIB
HERAT, AFGHANISTAN - OCTOBER 14:  Taliban fighters lay down their weapons as they surrender to the government of Herat Province on October 14, 2009 in Western Afghanistan.  More than 40 insurgents handed in their weapons in the wake of an ongoing government security operation which killed the Taliban commander in the Gazara district, Ghulam Yahya Akbari days ago.  (Photo by Majid/Getty Images)
kelompok Taliban di Afghanistan (Foto: Getty Images/Majid Saeedi)
Jakarta -

Pasukan penjaga perbatasan Tajikistan mengatakan bahwa sedikitnya 347 pengungsi dari Afghanistan telah menyeberang ke negara Asia Tengah itu dalam dua hari terakhir. Mereka melarikan diri dari Afghanistan seiring kian gencarnya serangan kelompok Taliban sejak pasukan asing meninggalkan negara tersebut.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (15/7/2021), badan informasi negara Khovar, mengutip laporan penjaga perbatasan, menyatakan para pengungsi telah "melarikan diri dari Taliban untuk menyelamatkan hidup mereka." Ditambahkannya, dua bayi meninggal selama penyeberangan perbatasan tersebut.

Para militan Taliban dalam beberapa pekan terakhir telah menguasai sebagian besar wilayah Afghanistan sejak pasukan asing ditarik, termasuk Shir Khan Bandar, perbatasan utama Afghanistan dengan Tajikistan.

Pada Rabu (14/7), Taliban mengklaim telah merebut perlintasan perbatasan strategis Spin Boldak di perbatasan dengan Pakistan.

Otoritas Tajikistan mengatakan para pengungsi Afghanistan, termasuk sekitar 64 anak laki-laki dan 113 anak perempuan, telah menyeberang dari provinsi Badakhshan Afghanistan, membawa serta ternak mereka.

"Penjaga perbatasan Tajik, dipandu oleh prinsip-prinsip kemanusiaan dan bertetangga yang baik, mengizinkan para pengungsi Afghanistan masuk," kata otoritas Tajikistan dalam sebuah pernyataan yang disampaikan badan informasi negara Khovar.

Disebutkan bahwa warga Afghanistan tersebut ditampung di dua lokasi di wilayah pegunungan Murghab di timur negara bekas Uni Soviet itu.

Pasukan penjaga perbatasan Tajikistan mengatakan mereka telah menyita lebih dari 3,5 kilogram narkotika dari warga Afghanistan yang menyeberang ke Tajikistan.

Penjaga perbatasan mengatakan situasi di sepanjang perbatasan dengan Afghanistan saat ini terkendali.

(ita/ita)