Semangat Prajurit TNI di Masa Corona, Jalan Kampung Tangerang Dibeton hingga Bikin Musala

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 13 Jul 2021 14:08 WIB
TNI bangun jalan desa yang 20 tahun terbengkalai di Kabupaten Tangerang
Foto: TNI bangun jalan desa yang 20 tahun terbengkalai di Kabupaten Tangerang (dok. Pendam Jaya)
Jakarta -

Cuaca cerah membuat anak-anak Kampung Daraham, Desa Jambe, Kabupaten Tangerang, Banten riang mengayuh sepedanya. Mereka kini tak khawatir lagi sepedanya kotor akan tanah merah.

"Saya sama teman-teman senang sekali bisa bermain sepeda di jalan baru ini, Pak. Kalau dulu mau naik sepeda susah banget, jalannya licin," ucap bocah perempuan bernama Lia (11), dikutip detikcom dari keterangan tertulis Penerangan Kodam (Pendam) Jaya, Kamis (8/7/2021).

Dari bibir mungilnya, terungkap keinginan untuk segera berangkat ke sekolah menggunakan sepedanya, dengan menjajal jalan yang baru dibeton. Teman-teman sebayanya pun antusias menimpali celotehan Lia.

"Boleh ya, Pak, nyoba trek baru di sini buat sepedaan," imbuh bocah lainnya.

Kegirangan Lia dan teman-teman bukan tanpa alasan. Sedari dulu mereka terpaksa bersepeda di atas jalan kampung yang tak layak.

TNI bangun jalan desa yang 20 tahun terbengkalai di Kabupaten TangerangFoto: Jalan desa yang 20 tahun tak tersentuh pembangunan di Kabupaten Tangerang jadi sasaran program TMMD ke-111 (dok. Pendam Jaya)

Di musim hujan atau saat turun hujan, Lia kerap mengurungkan niat bersepeda lantaran jalan tanah di kampungnya becek. Selama lebih dari 20 tahun, warga pasrah dengan kondisi jalan utama kampung mereka yang tak tersentuh pembangunan.

Warga yang sehari-hari mencari nafkah dengan jadi ojek online, Tarmian (35), tak kalah antusias. Asanya, makin banyak warga yang menggunakan jasa ojek setelah jalan dibangun.

"Terbukti setelah jaringan dibuka, langsung ada yang minta diantar ke arah Tangerang Kota. Sebelum dibangun, nggak ada warga yang mau naik ojek, jalannya rusak," cerita Tarmian.

Pada 15 Juni lalu, TNI berinisiatif membangunkan jalan beton untuk warga Kampung Daraham. Targetnya, jalan beton dibangun sepanjang 785 meter dalam waktu 30 hari atau selesai 15 Juli besok.

"Kemanunggalan TNI dan rakyat bisa terlihat dan terwujud. Semoga dengan adanya kegiatan ini, bisa membantu pemda untuk menyejahterakan masyarakat di Kampung Daraham, Desa Jambe," ucap Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mulyo Aji mengawali kunjungannya ke Kampung Daraham.

Simak cerita pembangunan jalan hingga musala di halaman berikutnya.

Simak video 'Jokowi ke Perwira TNI-Polri: Partisipasi Selesaikan Krisis Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]