Korban Tewas Apartemen Ambruk di Florida Bertambah Jadi 90 Orang

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 12 Jul 2021 12:27 WIB
Apartemen tepi Laut yang bertingkat tinggi dekat Pantai Miami, Florida, Amerika Serikat, roboh. Satu orang dinyatakan meninggal, dan 99 orang lainnya hilang.
31 orang belum ditemukan usai ambruknya apartemen di Florida (Foto: AP/David Santiago)
Jakarta -

Korban tewas dalam peristiwa ambruknya gedung apartemen di Florida, Amerika Serikat bulan lalu, kini telah meningkat menjadi 90 orang. Sebanyak 31 orang lainnya masih belum ditemukan setelah tragedi itu.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Senin (12/7/2021), Champlain Towers South, gedung apartemen 12 lantai yang dibangun pada 1981 di Surfside, sebuah kota di utara Miami Beach, ambruk pada 24 Juni, saat para penghuninya sedang tidur.

"Jumlah kematian yang dikonfirmasi sekarang adalah 90. Tujuh puluh satu korban telah diidentifikasi," kata Wali Kota Miami-Dade County, Daniella Levine Cava dalam briefing harian.

Dia menambahkan bahwa ada 217 orang yang selamat dan 31 orang masih belum belum ditemukan.

Lebih dari 6.000 ton beton dan puing-puing lainnya telah dikeluarkan dari lokasi, katanya.

Kepala pemadam kebakaran Miami-Dade, Alan Cominsky mengatakan, operasi pemulihan dan pemindahan berlangsung sepanjang waktu, dan personel darurat berada di titik mengakses mobil di garasi parkir bawah tanah.

Berbagai investigasi sedang dilakukan untuk menentukan penyebab ambruknya apartemen tersebut. Sisa-sisa bangunan dirobohkan dalam ledakan terkendali untuk memungkinkan operasi pemulihan berlanjut.

Sebuah laporan 2018 yang dirilis oleh pejabat kota mengungkapkan kekhawatiran akan "kerusakan struktural besar" di gedung tersebut, dari pelat beton di bawah dek kolam hingga kolom dan balok di garasi parkir.

Wali Kota Surfside Charles Burkett mengatakan hari Minggu (11/7) waktu setempat, bahwa hasil tes awal menunjukkan "kekuatan beton bangunan sangat baik, pada atau di luar tingkat yang seharusnya."

Simak juga video 'Pencarian Korban Apartemen Runtuh di Florida Terkendala Badai Tropis Elsa':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)