Round Up

Taliban Makin Bikin Khawatir Seraya Sekutu AS Cabut dari Afghanistan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 11 Jul 2021 21:34 WIB
Di Rusia, Taliban Menyatakan Siap Berdamai Dengan Pemerintah Afganistan
Ilustrasi --Taliban Makin Bikin Khawatir Seraya Sekutu AS Cabut dari Afghanistan (Foto: DW (News)
Jakarta -

Taliban makin membuat khawatir usai tentara Amerika Serikat angkat kaki dari Afghanistan. Bahkan Taliban kini mengklaim telah menguasai 85 persen wilayah Afghanistan.

Seperti dilansir AFP, Minggu (11/7/2021), dalam pidato Presiden AS, Joe Biden di Gedung Putih, penarikan pasukan AS dilakukan karena telah "mencapai" tujuan di Afganistan. Membunuh Osama bin Laden, hingga menurunkan Al Qaeda, dan mencegah lebih banyak serangan ke AS.

Biden mengatakan tidak akan lagi mengirim tentara AS untuk berperang di Afghanistan. Biden mengaku yakin Pemerintah Afganistan akan bisa mengalahkan Taliban.

Beberapa jam setelah penarikan pasukan AS, Taliban sudah mengklaim para petempurnya telah merebut kota perbatasan Islam Qala, perlintasan perbatasan utama dengan Iran.

Usai penarikan militer AS, sejumlah negara melakukan penarikan pasukan hingga evakuasi warganya imbas kondisi mencekam di Afghanistan. detikcom merangkumkan sejumlah tindakan negara imbas keputusan AS berikut ini:

Australia Turut Tarik Pasukan dari Afghanistan

Menyusul AS, Australia turut menarik seluruh pasukan terakhirnya dari Afghanistan. Penarikan dilakukan selama beberapa pekan terakhir, sesuai pengumuman Australia pada April lalu, untuk menarik seluruh pasukan per September mendatang.

"Sebanyak 80 personel pendukung terakhir Australia telah meninggalkan Afghanistan dalam beberapa pekan terakhir," kata Menteri Pertahanan Australia, Peter Dutton, kepada Sky News.

Australia diketahui telah mengerahkan 39.000 tentara di Afghanistan selama 20 tahun terakhir. Selama waktu itu, 41 tentara Australia tewas di medan perang.