Korsel Cetak Rekor Kasus Harian Tertinggi Selama Pandemi Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 08 Jul 2021 13:12 WIB
Seoul -

Korea Selatan (Korsel) kembali melaporkan lonjakan kasus virus Corona (COVID-19) di wilayahnya. Negara ini bahkan mencetak rekor terbaru untuk angka kasus harian tertinggi selama pandemi.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (8/7/2021), Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) melaporkan bahwa 1.275 kasus Corona terdeteksi dalam 24 jam terakhir. Angka ini melebihi jumlah kasus harian saat puncak gelombang ketiga Corona di Korsel pada Desember lalu.

Diketahui bahwa rekor kasus harian tertinggi di negara ini sebelumnya tercatat pada 25 Desember 2020, saat Korsel melaporkan 1.240 kasus Corona dalam sehari.

Pemerintah Korsel memperingatkan pada Rabu (7/7) waktu setempat bahwa pihaknya tengah mempertimbangkan untuk memperketat kembali langkah pembatasan pergerakan hingga ke level tertinggi saat gelombang keempat Corona menyebar dengan cepat.

Kenaikan jumlah kasus untuk Corona varian Delta yang sangat mudah menular juga memicu kekhawatiran otoritas kesehatan Korsel.

Dilaporkan bahwa virus Corona di Korsel kini menyebar dengan cepat di kalangan orang-orang yang belum divaksin, terutama yang berusia 20-30 tahun.

Sejauh ini diketahui baru sekitar 10 persen warga dari total 52 juta jiwa populasi Korsel telah divaksin Corona sepenuhnya. Sedangkan sekitar 30 persen lainnya dari total populasi Korsel baru menerima setidaknya satu dosis vaksin Corona -- dengan mayoritas merupakan warga berusia di atas 60 tahun.