Corona Naik Lagi, Korsel Cetak Rekor Kasus Harian Tertinggi

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 07 Jul 2021 11:25 WIB
Korea Selatan kembali memperketat pembatasan sosial. Hal ini dilakukan seiring meningkatnya jumlah kasus virus Corona di negara tersebut.
Ilustrasi -- Situasi pandemi Corona di Korsel (dok. AP Photo)
Seoul -

Korea Selatan (Korsel) tengah menghadapi lonjakan kasus virus Corona (COVID-19) dalam beberapa waktu terakhir. Dalam 24 jam terakhir, negara ini melaporkan lebih dari 1.200 kasus Corona yang mencetak rekor sebagai tambahan kasus harian tertinggi sejak akhir Desember tahun lalu.

Seperti dilansir Reuters dan Associated Press, Rabu (7/7/2021), Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea melaporkan 1.212 kasus Corona terdeteksi dalam sehari di wilayah Korsel.

Angka itu mendekati rekor kasus harian tertinggi di negara ini yang tercatat pada 25 Desember 2020, saat negara ini melaporkan 1.240 kasus Corona dalam sehari saat dilanda gelombang ketiga pandemi.

Pakar kesehatan setempat menyatakan pemerintah memberikan pesan yang salah kepada publik dengan mendorong pelonggaran aturan social distancing yang terlalu prematur meskipun terjadi kenaikan beban kasus secara stabil.

Perdana Menteri (PM) Korsel, Kim Boo-Kyum, dalam rapat membahas respons pandemi Corona pada Rabu (7/7) waktu setempat menyatakan bahwa langkah-langkah social distancing akan diperluas dan diperketat jika penularan terus bertambah dalam 2-3 hari ke depan.

Dia menyatakan bahwa pemerintah tengah mempertimbangkan untuk semakin memperketat aturan pembatasan Corona saat negara ini tengah menghadapi gelombang keempat yang dipicu varian Delta yang sangat mudah menular.

"Ini merupakan situasi darurat di mana kita perlu mengerahkan seluruh kemampuan kita untuk merespons COVID-19," tegas Kim, sembari mengimbau publik tetap waspada.

Lihat Video: Pemerintah: Jumlah Kasus Corona RI 'Bisa Penuhi' Kawasan Monas

[Gambas:Video 20detik]