Penarikan Pasukan AS dari Afghanistan 90% Lebih Telah Selesai

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 07 Jul 2021 02:25 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan menarik pasukannya dari Afghanistan mulai 1 Mei 2021. Keputusan itu diambil untuk mengakhiri konflik puluhan tahun di negara itu.
Pasukan AS (AP Photo)
Washington DC -

Penarikan pasukan Amerika Serikat dari Afghanistan sudah lebih dari 90% telah selesai, Komando Pusat Pentagon mengumumkan proses penarikan pasukan ini.

Seperti dilansir AFP, Rabu (7/7/2021), United States Central Command atau CentCom mengatakan telah secara resmi menyerahkan 7 bekas pangkalan AS kepada pasukan keamanan Afghanistan dan telah mengevakuasi hampir 1.000 muatan peralatan kargo udara C-17 dari negara itu menjelang batas waktu September untuk menyelesaikan penarikan.

Pada hari Jumat (2/6) pasukan AS menyerahkan pangkalan udara Bagram yang luas di utara Kabul, pusat utama operasi militer AS di negara itu selama sebagian besar konflik selama 2 dekade terakhir.

Pengumuman hari ini menggarisbawahi bahwa sebagian besar proses penarikan personel militer dan sipil AS yang diperintahkan oleh Presiden Joe Biden pada April telah selesai.

Pada saat perintah Biden secara resmi ada 2.500 tentara AS dan 16.000 kontraktor swasta. Menurut laporan ada juga sekitar 1.000 pasukan khusus AS yang beroperasi di Afghanistan pada saat itu juga tidak termasuk dalam penghitungan resmi.

Sementara Biden telah menetapkan batas waktu September--peringatan 20 tahun serangan Al-Qaeda yang berbasis di Afghanistan di AS yang memicu invasi Amerika ke negara itu-Pentagon telah bergerak cepat untuk mengurangi kehadirannya seminimal mungkin bulan ini.

"Kami berharap itu akan selesai pada akhir Agustus," kata sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki, pada Jumat (2/7) setelah serah terima Bagram.

Amerika Serikat diperkirakan akan mempertahankan 650 atau lebih personel militer yang dilaporkan di negara itu untuk melindungi kedutaan dan diplomat AS.

Lihat Video: Tengok Lapangan Terbang Bagram di Afghanistan yang Ditinggalkan Pasukan AS

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/rfs)