Pertama Kali, Gubernur Jenderal Kanada Bakal Dijabat Orang Inuit

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 06 Jul 2021 23:47 WIB
Mary Simon
Mary Simon (AFP/OLIVIER MORIN)
Ottawa -

Kanada menunjuk Mary Simon sebagai Gubernur Jenderal dari penduduk asli pertama di negara Persemakmuran itu. Jabatan itu merupakan perwakilan resmi Ratu Elizabeth II.

"Hari ini, setelah 154 tahun, negara kita mengambil langkah bersejarah," kata Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, dalam konferensi pers, seperti dilansir AFP, Selasa (6/7/2021).

"Saya tidak bisa memikirkan orang yang lebih baik untuk bertemu saat ini," ujar Trudeau.

Simon merupakan mantan jurnalis dan advokat hak asasi Inuit atau penduduk asli Amerika yang tinggal di Kanada dan Alaska. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Presiden Inuit Tapiriit Kanatami, organisasi Inuit nasional Kanada. Dia juga Presiden Konferensi Circumpolar Inuit, yang mewakili Inuit di semua negara Arktik.

Pengangkatannya sebagai wakil raja muda, yang bertanggung jawab untuk memberikan persetujuan kerajaan atau membuat tindakan yang disahkan oleh undang-undang parlemen dan memimpin militer Kanada, terjadi pada periode yang sulit dalam hubungan negara itu dengan bangsa-bangsa pertama di Kanda atau First Nations.

Penemuan lebih dari 1.000 kuburan tak bertanda di bekas sekolah perumahan adat telah mengguncang Kanada, memicu kemarahan dan kesedihan di masyarakat adat.

Sampai tahun 1990-an, sekitar 150.000 anak muda Indian, Inuit dan Metis secara paksa terdaftar di 139 sekolah perumahan yang dijalankan oleh gereja Katolik atas nama pemerintah.

Lebih dari 4.000 siswa meninggal karena penyakit dan penelantaran. Yang lain menceritakan pelecehan fisik dan seksual oleh kepala sekolah dan guru yang melucuti budaya dan bahasa mereka.

Simon menggantikan mantan astronot Julie Payette yang mengundurkan diri pada Januari di tengah tuduhan pelecehan dan perilaku yang digambarkan dalam sebuah laporan sebagai 'berteriak, menjerit, perilaku agresif, komentar merendahkan dan penghinaan publik'.

Lihat juga Video: Gelombang Panas Masih Melanda Pesisir Barat AS dan Kanada

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/haf)