Tak Hanya Kanada, Gelombang Panas Juga Melanda Finlandia hingga Swedia

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 06 Jul 2021 00:35 WIB
Gelombang panas Amerika Kanada
Ilustrasi gelombang panas (Foto: AP/Tommy Martino)
Stockholm -

Gelombang panas tidak hanya melanda Kanada, tapi juga negara-negara Nordik, yakni Finlandia, Swedia, hingga Norwegia. Suhu terpanas mencapai 34 derajat celcius.

Dilansir AFP, lembaga Meteorologi Nasional Finlandia mencatat suhu terpanas pada bulan Juni ini. Di Kevo, ujung utara Finlandia, mencatat 33,5 derajat celcius pada Minggu (4/7).

Suhu ini tercatat sebagai yang terpanas kedua sejak tahun 1914. Pada tahun 1914 itu, lembaga meteorologi Finlandia mencatat 34,7 derajat celcius.

Otoritas Swedia juga melaporkan rekor suhu tertinggi pada Juni lalu.

Gelombang panas Amerika KanadaGelombang panas (Foto: AP)

"Juni 2021 adalah Juni terpanas yang pernah tercatat di kampung halaman saya, di Stockholm dengan selisih yang besar," cuit juru kampanye iklim Swedia, Greta Thunberg.

"Juni terpanas kedua pada tahun 2020. Yang ketiga pada 2019," tambahnya.

Diketahui, Juni 2021 adalah bulan dengan suhu terpanas ketiga yang pernah tercatat di Swedia.

Sementara itu, lembaga Meteorologi Norwegia mencatat 34 derajat Celcius di Saltdal. Suhu tersebut merupakan yang tertinggi di Norwegia tahun ini dan hanya 1,6 derajat celcius lebih rendah dari rekor suhu terpanas sepanjang masa Norwegia.

Sebelumnya diberitakan, beberapa negara di dunia telah mengalami gelombang panas tahun ini. Salah satunya adalah Kanada.

Kanada dilanda serangkaian kebakaran hutan di provinsi barat British Columbia usai dihantam terik panas dengan suhu sekitar 49,6 derajat celcius. Suhu tersebut merupakan rekor suhu tertinggi di Kanada.

Simak Video: Gelombang Panas Masih Melanda Pesisir Barat AS dan Kanada

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)