Mengerikan! 88 Orang Ditembak di Chicago di Hari Kemerdekaan AS

ADVERTISEMENT

Mengerikan! 88 Orang Ditembak di Chicago di Hari Kemerdekaan AS

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 06 Jul 2021 12:25 WIB
Police tape marks off a Chicago street as officers investigate the scene of a fatal shooting in the citys South Side on Tuesday, June 15, 2021. An argument in a house erupted into gunfire early Tuesday, police said. (AP Photo/Teresa Crawford)
ilustrasi penembakan di Chicago (Foto: AP/Teresa Crawford)
Jakarta -

Amerika Serikat merayakan Hari Kemerdekaan 4 Juli dengan parade, barbecue, dan kembang api. Namun, di Chicago yang marak dengan kekerasan, tercatat sebanyak 88 orang ditembak, 14 orang di antaranya tewas, dalam berbagai insiden penembakan di Hari Kemerdekaan AS itu.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Selasa (6/7/2021), kekerasan liburan akhir pekan itu terjadi seiring meningkatnya perhatian media dan polisi terhadap masalah kekerasan yang telah melanda Chicago sepanjang tahun.

Chicago merupakan kota terbesar ketiga di AS yang tahun 2020 lalu mencatat 777 kasus pembunuhan, yang merupakan tahun paling mematikan kedua di Chicago dalam dua dekade terakhir, dan melebihi angka kasus gabungan New York dan Los Angeles.

Tahun lalu, 87 orang ditembak di Chicago, 17 orang di antaranya tewas, selama empat hari termasuk 4 Juli. Itu sehari lebih banyak dari liburan akhir pekan ini, jadi kekerasan senjata 4 Juli tahun ini lebih buruk.

Secara nasional, ada lebih dari 400 penembakan selama akhir pekan 4 Juli dan setidaknya 150 orang tewas, menurut data yang dikumpulkan oleh Arsip Kekerasan Senjata.

Muak dengan kekerasan senjata, para ibu dan nenek di Austin, salah satu kawasan paling kejam di Chicago, melakukan aksi mogok makan dan tidur di tenda di tempat parkir bank yang kosong selama akhir pekan Hari Kemerdekaan 4 Juli lalu.

Para wanita, yang berusia antara 21 hingga 71 tahun tersebut, termasuk Rosetta Dotson (67) yang kehilangan tiga keponakannya karena kekerasan senjata selama bertahun-tahun. Ada pula Jackie Guider (57) yang putranya Chavaris ditembak mati di kepala oleh seorang perampok bersenjata di jalanan Chicago pada tahun 2016.

Simak juga 'Penembakan di Chicago Tewaskan 4 Orang, 4 Lainnya Terluka':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT