Round-Up

Spacewalk Perdana Astronaut China di Luar Angkasa

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 20:03 WIB
Tiga astronaut China yang akan menjadi awak pertama Stasiun Luar Angkasa Tiangong telah diluncurkan pada Kamis (17/6) pagi waktu setempat.
Foto Astronaut China: Getty Images/Kevin Frayer
Beijing -

Dua astronaut China bernama Liu Boming dan Tang Hongbo melakukan spacewalk pertama di luar stasiun luar angkasa China yang kini ada di orbit. Kedua astronaut itu menghabiskan waktu nyaris selama 7 jam di luar stasiun luar angkasa.

Dilansir Associated Press, Senin (5/7/2021), tayangan televisi nasional China pada Minggu (4/7) waktu setempat menunjukkan Liu dan Tang memanjat keluar dari airlock dengan Bumi terlihat berada di bawah mereka. Mereka juga memasang sejumlah kamera dan perlengkapan lainnya dengan menggunakan lengan robot sepanjang 15 meter.

Selain Liu dan Tang ada satu astronaut lainnya, komandan Nie Haisheng, yang tetap berada di dalam stasiun luar angkasa China. Badan Antariksa China menuturkan bahwa Liu dan Tang menghabiskan waktu hampir selama 7 jam di luar stasiun luar angkasa.

3 Astronaut China Berhasil Merapat ke Stasiun Luar Angkasa

Tiga astronaut China itu tiba di orbit yang menjadi lokasi stasiun luar angkasa China pada 17 Juni lalu. Mereka memiliki misi selama tiga bulan yang menjadi bagian dari program luar angkasa ambisius China mendaratkan kendaraan robot di permukaan planet Mars pada Mei lalu.

Mereka dibawa dengan kendaraan luar angkasa China, Shenzhou-12. Seperti dilansir Xinhua News Agency, Kamis (17/6), Badan Antariksa Berawak China (CMSA) menyatakan bahwa Shenzhou-12 menyelesaikan pengaturan status orbit setelah memasuki orbit luar angkasa dan melakukan pertemuan dan docking otonom cepat dengan port docking bagian depan modul inti Tianhe sekitar pukul 15.54 waktu Beijing.

Proses itu membentuk kompleks tiga modul dengan pesawat kargo Tianzhou-2, yang lebih dulu diluncurkan pada 29 Mei dan merapat dengan Tianhe pada 30 Mei. Kendaraan luar angkasa ini, dengan dipasang pada bagian atas roket pembawa Long March-2F, diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan, Gurun Gobi, China, pada Kamis (17/6) pagi, sekitar pukul 09.22 waktu setempat.

Profil 3 Astronaut

Nie Haisheng yang menjadi komandan misi ini merupakan seorang pilot Angkatan Udara berprestasi pada Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang sudah dua kali berpartisipasi dalam misi luar angkasa. Dua astronaut lainnya, yang menurut Associated Press bernama Tang Hongbo dan Liu Boming, juga disebut sebagai personel militer China.

Astronaut Liu merupakan veteran misi Shenzhou 7 tahun 2008 lalu, saat astronaut Zhai Zhigang melakukan spacewalk pertama untuk China. Sama dengan Nie dan Liu, Tang juga pilot militer China, tetapi Tang baru kali ini melakukan misi ke luar angkasa.

Simak video 'Melihat Kehidupan Astronaut China di Luar Angkasa':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/isa)