Biden Sebut AS Makin Dekat untuk Merdeka dari Virus Corona

ADVERTISEMENT

Biden Sebut AS Makin Dekat untuk Merdeka dari Virus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 11:02 WIB
President Joe Biden speaks about reaching 300 million COVID-19 vaccination shots, in the State Dining Room of the White House, Friday, June 18, 2021, in Washington. (AP Photo/Evan Vucci)
Joe Biden (dok. AP Photo/Evan Vucci)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, memperingati Hari Kemerdekaan AS pada Minggu (4/7) waktu setempat dengan mencetuskan secara optimis bahwa AS akan bangkit dari pandemi virus Corona (COVID-19), meski faktanya pandemi belum sepenuhnya 'dikalahkan'.

Seperti dilansir AFP, Senin (5/7/2021), Biden berpidato di hadapan 1.000 tamu di halaman selatan Gedung Putih dalam peringatan kemerdekaan AS yang jatuh pada Minggu (4/7) waktu setempat.

Dia membandingkan antara deklarasi kemerdekaan dari Kerajaan Inggris tahun 1776 silam dan pemulihan cepat AS dari pandemi Corona saat ini.

"245 tahun lalu kita mendeklarasikan kemerdekaan kita. Hari ini, kita lebih dekat dari sebelumnya untuk menyatakan kemerdekaan dari virus yang mematikan," ucap Biden di hadapan tamu undangan yang berasal dari militer dan para pekerja esensial.

"Kita telah mengendalikan virus ini," cetusnya, sembari menambahkan: "Jangan salah: COVID-19 belum dikalahkan sepenuhnya. Kita semua tahu varian-varian yang kuat telah muncul, seperti varian Delta."

Biden memberikan penghormatan untuk orang-orang yang kehilangan nyawa akibat Corona. Sejauh ini tercatat lebih dari 600.000 orang meninggal akibat Corona di wilayah AS.

Namun, dia melontarkan menyampaikan seruan bernada optimis, dengan menyatakan bahwa di bawah kepemimpinannya AS akan 'kembali bersama'.

"Selama setahun terakhir, kita telah melewati beberapa hari terkelam kita. Kita akan melihat masa depan kita yang paling cerah," cetusnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT