Brisbane Jadi Kota Keempat di Australia yang Lockdown karena Corona

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 10:21 WIB
Jakarta -

Brisbane pada hari Selasa (29/6) menjadi kota besar Australia keempat yang diperintahkan di-lockdown karena kekhawatiran akan penyebaran COVID-19. Otoritas setempat memerintahkan warga untuk tinggal di rumah selama tiga hari.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Selasa (29/6/2021), lockdown di Brisbane ini mulai berlaku pada Selasa malam. Dengan demikian, ditambah dengan warga Brisbane, maka total sekitar 10 juta warga Australia berada di bawah lockdown.

"Ini adalah keputusan yang sulit," kata premier atau pemimpin negara bagian Queensland, Annastacia Palaszczuk. "Kita melakukan lockdown di kota-kota besar karena kedatangan dari luar negeri membawa virus ke sini," imbuhnya.

Selain Brisbane, penduduk Perth di barat Australia juga mulai menjalani lockdown kilat selama empat hari mulai Selasa pagi ini, bergabung dengan penduduk Sydney dan Darwin.

Hanya tiga kasus positif telah didiagnosis di Perth sejak wabah terdeteksi, tetapi pejabat kesehatan setempat telah lama mengambil pendekatan yang sangat hati-hati terhadap kluster virus Corona.

"Kita tahu risiko yang ditimbulkan COVID dan kita tahu dari seluruh dunia bahwa strain Delta adalah monster baru lainnya yang tidak bisa kita abaikan risikonya," kata premier negara bagian Australia Barat, Mark McGowan dalam konferensi pers.

Australia telah berhasil secara luas dalam mengendalikan pandemi Corona, tetapi sekarang sedang berjuang melawan wabah varian Delta yang sangat menular, yang pertama kali muncul di India.