Cium Ajudan Bikin Matt Mancock Mundur Sebagai Menteri Kesehatan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 27 Jun 2021 13:23 WIB
London -

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock resmi mengundurkan diri dari jabatannya. Surat pengunduran diri Hancock sudah diberikan kepada Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson.

Seperti dilansir dari AFP, Minggu (27/6/2021), aksi pengunduran diri Hancock disebabkan dirinya melanggar protokol kesehatan COVID-19 usai kepergok mencium ajudannya sendiri, Gina Coladangelo.

"Kami berutang kepada orang-orang yang telah berkorban begitu banyak dalam pandemi ini untuk jujur. Ketika kami mengecewakan mereka seperti yang telah saya lakukan dengan melanggar pedoman," tulis Hancock dalam suratnya tersebut.

Merespon surat pengunduran diri Menkes-nya, Johnson mengaku sangat menyesal. Dia mengaku bangga dengan kinerja Hancock selama menjadi Menteri Kesehatan Inggris.

Sebelumnya, aksi Menteri Kesehatan Inggris tersebut diungkap oleh surat kabar The Sun. Foto Matt Hancock yang sedang berciuman dengan ajudan pribadinya itu diterbitkan.

Dalam rekaman kamera CCTV di kantornya, hal tersebut terjadi pada 6 Mei lalu. Foto Hancock tersebut kemudian viral dan membuat masyarakat Inggris geram.

Hancock melanggar protokol kesehatan yakni aturan jaga jarak. Semakin ironis, lantaran sebagai Menkes, dirinya kerap mensosialisasikan aturan tersebut selama pandemi Corona dan keduanya sudah sama-sama menikah.

Tak hanya Hancock, sang ajudan juga menjadi sorotan. Pihak oposisi dari Partai Buruh meminta Kemenkes menjelaskan ke publik soal penunjukan Gina sebagai ajudan Hancock.

(izt/knv)