Positif Corona, Delegasi RI untuk G20 di Italia dalam Kondisi Stabil

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 13:28 WIB
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak
Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal
Sisilia -

Kepala delegasi Indonesia untuk pertemuan G20 di Italia dilaporkan positif virus Corona (COVID-19). Kementerian Luar Negeri (Kemlu) melaporkan kepala delegasi Indonesia itu kini dalam kondisi stabil.

"Dokter Italia telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap delegasi Indonesia yang positif COVID-19 tersebut dan menyatakan bahwa yang bersangkutan dalam kondisi baik dan stabil," kata Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah dalam keterangannya lewat pesan singkat, Rabu (23/6/2021).

Faizasyah menerangkan kepala delegasi Indonesia itu melakukan isolasi mandiri (isoman) selama 10 hari di hotel di kawasan Cantania. Kepala delegasi Indonesia akan kembali menjalani tes swab kedua pada hari ke-11 setelah dinyatakan positif Corona.

"Yang bersangkutan diminta tetap melakukan isolasi mandiri (isoman) di hotel tempat tinggal selama 10 hari dan swab test kedua akan dilakukan pada hari ke-11 isoman," tuturnya.

Faizasyah mengungkap terhadap 6 perwakilan Indonesia lainnya yang kontak erat telah menjalani tes swab. Hasilnya, mereka dinyatakan negatif Corona.

"Catania telah melakukan tes molekuler (swab test) kepada 6 delegasi Indonesia (3 delegasi dari Jakarta dan 3 delegasi KBRI Roma) yang termasuk dalam 'kontak dekat' (close contact). Hasil swab test untuk keenam orang tersebut adalah negatif COVID-19," ucapnya.

Kemlu telah menerima laporan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Roma, Italia, telah memberikan bantuan kepada kepala delegasi RI. Nantinya, KBRI Roma juga akan terus melaporkan perkembangan kondisinya.

"Terkait dengan hal ini, KBRI Roma telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, memberikan bantuan serta pendampingan dan tetap memantau perkembangan yang ada," tuturnya.

Diketahui sebelumnya, kepala delegasi Indonesia tersebut yang sedianya menghadiri pembicaraan tingkat menteri G20 di Sisilia dinyatakan positif Corona pada Senin (21/6) kemarin.

Kepala delegasi Indonesia tersebut sebetulnya sudah menjalani tes sebelum berangkat dari Indonesia dan hasilnya negatif. Namun setelah meninggalkan Indonesia, dia dinyatakan positif COVID-19.

Sementara itu, pejabat kesehatan setempat mengatakan enam orang lainnya dalam delegasi Indonesia tersebut telah ditempatkan dalam isolasi pencegahan. Mereka diarahkan untuk menjalankan isolasi di hotel di kota Sisilia Catania.

Pertemuan antarnegara di G20 sebetulnya direncanakan berlangsung pada hari Selasa (22/6) dan Rabu hari ini. Acara tersebut bakal mempertemukan para petinggi di bidang ketenagakerjaan, ekonomi, dan pendidikan.

Simak video 'Awas! 160 Kasus Corona Varian Delta Ada di RI, Ini Persebarannya':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/isa)