Round-Up

Warga Negeri Pizza Menanti Hari Tanpa Masker Usai Digebuk Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 23:11 WIB
Penggunaan sepeda-skuter listrik jadi upaya warga Italia untuk cegah virus Corona. Pasalnya, dua transportasi itu dianggap dapat bantu warga terapkan jaga jarak
Ilustrasi warga Italia (Foto: Getty Images/Emanuele Cremaschi)
Roma -

28 Juni 2021 bakal menjadi hari yang bersejarah bagi warga Italia. Pasalnya, otoritas setempat mengumumkan warga Italia tak lagi diwajibkan menggunakan masker terhitung sejak 28 Juni.

Dilansir AFP, keputusan ini diumumkan oleh Menteri Kesehatan Italia Roberto Speranza. Pencabutan persyaratan masker berlaku di wilayah berlabel 'putih' atau aman.

Berarti, masker tak lagi diwajibkan di hampir semua wilayah Italia, kecuali wilayah kecil Aosta Valley di ujung barat laut.

Namun, pada 28 Juni mendatang, para ahli memperkirakan seluruh wilayah Italia akan diklasifikasikan sebagai zona "putih", dengan hanya 21 kematian dan 495 kasus baru infeksi Corona yang tercatat secara nasional pada Senin (21/6) waktu setempat.

Masker Disarankan Dipakai di Acara Besar

Panel penasihat ilmiah Comitato Tecnico Scientifico (CTS) Italia menyarankan orang-orang masih harus mengenakan masker untuk acara-acara dengan risiko penyebaran virus yang lebih tinggi, seperti pertemuan besar.

Diketahui, Negeri Pizza ini telah mencatat 127.291 kematian akibat COVID-19 sejak dimulainya pandemi pada awal 2020, dengan total 4,25 juta kasus infeksi.

Sejauh ini 30 persen orang berusia di atas 12 tahun telah divaksinasi, atau sekitar 16 juta dari populasi 60 juta jiwa. Tercatat bahwa lebih dari 46 juta dosis vaksin Corona telah diberikan di Italia sejauh ini.

Seperti Italia, beberapa negara ini sudah lebih dulu menerapkan aturan bebas masker:

-Israel
-Amerka Serikat
-Bhutan
-Selandia Baru
-China

(isa/maa)