Round-Up

Semiliar Dosis Vaksin Corona Bagi Rakyat China

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 05:30 WIB
Pejabat China akui vaksin buatan lokal tidak memberi tingkat perlindungan tinggi, lalu sebut pernyataannya kesalahpahaman total
Ilustrasi vaksinasi di China (BBC World)

China Mulai Vaksinasi Usia di Bawah 18 Tahun

China telah mulai memvaksinasi warganya yang berusia 18 tahun ke bawah. Vaksin diberikan kepada para remaja yang memenuhi syarat untuk menerima vaksin Sinopharm dan Sinovac.

Di sisi lain, bagi mereka yang enggan untuk divaksin, China memiliki senjata yang kuat, yakni sistem satu partai yang bisa mencakup segalanya dari atas ke bawah dan kuat dalam bertindak, dan birokrasi yang luas bisa dimobilisasi dengan cepat.

Wakil Kepala NHC, Zeng Yixin, seperti dikutip Xinhua, menyatakan bahwa otoritas China memiliki target untuk memvaksinasi setidaknya 70 persen warganya yang memenuhi syarat hingga akhir tahun ini.

Untuk diketahui bahwa sekitar 1,4 miliar orang tinggal di China. Dengan angka ini, dosis vaksin yang diberikan China per 100 orang di wilayahnya sebenarnya masih ada di belakang negara-negara seperti AS dan Inggris. Namun jika laju vaksinasinya terus meningkat seperti sekarang ini, China bisa saja menyusul dengan cepat.


(lir/lir)