150 Hari Biden Menjabat, AS Suntikkan 300 Juta Dosis Vaksin Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 14:10 WIB
President Joe Biden speaks about reaching 300 million COVID-19 vaccination shots, in the State Dining Room of the White House, Friday, June 18, 2021, in Washington. (AP Photo/Evan Vucci)
Joe BIden (AP Photo/Evan Vucci)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengumumkan bahwa 300 juta dosis vaksin virus Corona (COVID-19) telah disuntikkan selama 150 hari sejak dirinya menjabat pada Januari lalu. Ini menandai tercapainya salah satu target pemerintahan Biden dalam upaya mengendalikan pandemi Corona di wilayah AS.

Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (19/6/2021), Biden berterima kasih dan memuji para ilmuwan, perusahaan-perusahaan, rakyat Amerika dan upaya seluruh pemerintahannya.

Biden juga menekankan bahwa program vaksinasi yang semakin meluas telah memungkinkan sebagian besar warga AS untuk menjalani musim panas yang relatif normal, dengan pusat-pusat bisnis kembali buka dan para pemilik bisnis mulai mempekerjakan kembali karyawan mereka.

"Kita mengarah ke musim panas yang sangat berbeda dibandingkan tahun lalu," ucap Biden. "Musim panas yang cerah. Semoga, musim panas yang penuh sukacita," imbuhnya.

Namun saat Biden merayakan satu pencapaian, dia berada dalam bahaya untuk gagal mewujudkan pencapaian lainnya, yakni target memvaksinasi 70 persen warga dewasa di AS setidaknya hingga 4 Juli mendatang saat AS merayakan hari kemerdekaannya, atau yang berarti kurang dari dua pekan.

Secara keseluruhan, sekitar 168 juta warga dewasa di AS, atau 65,1 persen populasi AS yang berusia 18 tahun ke atas, telah menerima setidaknya satu dosis suntikan vaksin Corona hingga Jumat (18/6) waktu setempat, menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Laju vaksinasi baru di AS menurun secara signifikan dari nyaris 2 juta vaksinasi per hari sekitar dua bulan lalu. Situasi ini semakin membahayakan kemampuan pemerintahan Biden untuk mencapai target 70 persen warga dewasa AS divaksinasi tersebut.

Simak juga 'Joe Biden Desak Intel AS Selidiki Asal Corona':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2