Ebrahim Raisi Terpilih Jadi Presiden Baru Iran, Gantikan Rouhaini

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 13:39 WIB
Ebrahim Raisi, a candidate in Irans presidential elections waves to the media after casting his vote at a polling station in Tehran, Iran Friday, June 18, 2021. Iran began voting Friday in a presidential election tipped in the favor of a hard-line protege of Supreme Leader Ayatollah Ali Khamenei, fueling public apathy and sparking calls for a boycott in the Islamic Republic. (AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Ebrahim Raisi (AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Teheran -

Ulama ultrakonservatif Iran, Ebrahim Raisi, dilaporkan memenangkan pemilihan presiden (pilpres) yang digelar Jumat (18/6) waktu setempat. Ucapan selamat mengalir untuk Raisi, termasuk dari Presiden Iran terkini, Hassan Rouhani, bahkan sebelum pengumuman resmi disampaikan otoritas setempat.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (19/6/2021), Rouhani yang beraliran moderat ini menyebut penggantinya telah terpilih dalam pilpres pada Jumat (18/6) waktu setempat, tanpa secara langsung menyebut nama pemenang pilpres. Namun para tokoh dan politikus Iran lainnya terang-terangan menyelamati Raisi.

"Saya mengucapkan selamat kepada rakyat atas pilihan mereka," ucap Rouhani dalam pernyataannya pada Sabtu (19/6) waktu setempat.

"Ucapan selamat resmi dari saya akan disampaikan kemudian, tapi kita tahun siapa yang mendapatkan suara yang cukup dalam pemilu ini dan siapa yang dipilih oleh rakyat," imbuhnya.

Sebelumnya diprediksi bahwa Raisi yang kini menjabat kepala otoritas kehakiman Iran akan memenangkan pilpres ini. Raisi yang dikenal sebagai politikus garis keras ini sempat kalah dalam pemilu 2017 lalu. Sosoknya dikenal dekat dengan pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

Dalam pernyataan terpisah, dua capres ultrakonservatif lainnya, Mohsen Rezai dan Amirhossein Ghazizadeh-Hashemi, secara terang-terangan mengucapkan selamat kepada Raisi, sebelum pengumuman resmi disampaikan.

"Saya mengucapkan selamat ... Raisi, dipilih oleh bangsa," ucap Ghazizadeh-Hashemi seperti dikutip media-media Iran.

Simak juga 'Iran Gelar Pilpres, Memilih Satu Dari Empat Calon Presiden':

[Gambas:Video 20detik]