Virus Corona Telah Merenggut 4 Juta Nyawa di Seluruh Dunia!

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 18:27 WIB
Sars-CoV-19 test tube in purple protective glove, virus illustration on computer screen in background
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/PS3000)
Washington DC -

Jumlah total kematian akibat pandemi virus Corona (COVID-19) secara global telah melampaui 4 juta orang. Separuh dari angka kematian itu berasal hanya dari lima negara.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (18/6/2021), jumlah kasus baru dan kematian di negara-negara maju seperti Amerika Serikat (AS) dan Inggris cenderung berkurang, namun beberapa negara mengalami kekurangan vaksin karena Corona varian Delta kini menjadi jenis yang dominan di seluruh dunia.

Menurut analisis Reuters, dibutuhkan lebih dari setahun bagi angka kematian Corona untuk mencapai 2 juta orang. Sedangkan untuk angka 2 juta kematian berikutnya dicapai hanya dalam 166 hari.

Lima negara yang mencatatkan angka kematian Corona terbanyak, terdiri atas AS, Brasil, India, Rusia dan Meksiko. Total kematian Corona dari kelima negara itu menyumbang sekitar 50 persen dari total kematian Corona secara global.

Sementara Peru, Hungaria, Bosnia, Republik Ceko dan Gibraltar memiliki angka kematian tertinggi jika disesuaikan dengan jumlah populasinya.

Negara-negara Amerika Latin menghadapi wabah terburuk mereka sejak Maret, dengan 43 dari setiap 100 penularan di dunia dilaporkan di kawasan tersebut, menurut analisis Reuters.

Setidaknya sembilan negara yang melaporkan angka kematian per kapita paling tinggi dalam sepekan terakhir, semuanya ada di kawasan Amerika Latin.