Israel Akan Beri 1 Juta Dosis Vaksin Pfizer ke Palestina

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 17:11 WIB
Vaksin BioNTech-Pfizer Terbukti Efektif Lawan Dua Varian Baru Corona
Ilustrasi (dok. DW News)
Tel Aviv -

Otoritas Israel berencana memberikan sekitar 1 juta dosis vaksin virus Corona (COVID-19) buatan Pfizer-BioNTech kepada Otoritas Palestina (PA). Namun, penyaluran vaksin ini dilakukan sebagai pertukaran dengan pasokan vaksin milik Palestina yang dijadwalkan baru akan tiba akhir tahun ini.

Seperti dilansir Reuters dan The Times of Israel, Jumat (18/6/2021), rencana itu diumumkan kantor Perdana Menteri (PM) Israel, Naftali Bennett, dalam pernyataan gabungan dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pertahanan Israel.

Disebutkan kantor PM Bennett bahwa Israel akan mengirimkan dosis-dosis vaksin yang segera kedaluwarsa untuk digunakan Palestina, dan sebagai gantinya, Otoritas Palestina sepakat untuk memberikan pasokan dosis vaksin Pfizer-BioNTech yang akan diterima Palestina pada September dan Oktober mendatang.

"Israel akan mengirim ke Otoritas Palestina sebanyak 1 juta - 1,4 juta dosis vaksin Pfizer," demikian pernyataan kantor PM Bennett.

"Rencana itu disetujui berdasarkan fakta bahwa stok vaksin Israel saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhannya saat ini," imbuh pernyataan itu.

Secara terpisah, seorang sumber pada Kementerian Kesehatan Otoritas Palestina mengonfirmasi kesepakatan itu. Sumber itu juga menyatakan bahwa Palestina diperkirakan akan menerima pengiriman vaksin Pfizer-BioNTech pada Agustus atau September.

Langkah ini diambil setelah Israel menghadapi kritikan tajam selama berbulan-bulan dari berbagai kelompok HAM dan profesional medis atas kegagalannya membantu Palestina secara signifikan dalam program vaksinasinya yang tertinggal jauh.