Round-Up

Pandemi Corona Bikin Air Zamzam Dibagikan Robot Jelang Ibadah Haji

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 20:01 WIB
Rolling robots have been deployed to ensure pilgrims have access to holy water without human contact - AFP
Robot yang membagikan air Zamzam di Mekah (dok AFP)
Mekah -

Situasi pandemi Corona membuat Arab Saudi mencari terobosan dalam penyelenggaraan haji 2021. Robot-robot dikerahkan demi penerapan protokol kesehatan.

Sebanyak 20 robot dikerahkan untuk membagi-bagikan botol-botol berisikan air Zamzam di Mekah, Arab Saudi, pada pekan ini. Hal ini menjadi persiapan pelaksanaan ibadah Haji dengan social distancing karena pandemi COVID-19.

Dilasir AFP, Kamis (17/6/2021), para pejabat setempat yang ingin mencegah wabah Corona mengerahkan robot-robot kecil berwarna hitam-putih pada Minggu (13/6). Robot itu bergerak membawa masing-masing tiga rak botol air Zamzam.

Beberapa jemaah mengambil sendiri botol air itu dengan sedikit merasa bingung tapi senang.

"Tujuan dari robot-robot ini adalah memberikan layanan pribadi tanpa kontak manusia," tutur pejabat setempat, Bader Al-Loqmani.

Masjidil Haram/Fajar Pratama detikcomIbadah haji sejak 2020 dibatasi karena situasi pandemi Corona. Sebelum pandemi, jutaan orang menjalankan ibadah haji setiap tahunnya di Arab Saudi (Fajar Pratama detikcom)

Selama berabad-abad, para jemaah haji berbondong-bondong meminum air dari mata air Zamzam. Zamzam ini dipandang sebagai keajaiban dalam tradisi Islam yang tak terlepas dari cerita Nabi Ibrahim.

"Sekitar 20 robot saat ini tersedia untuk membantu pengunjung dan jemaah haji," ujar Loqmani

Dia mengatakan akan ada lebih banyak lagi robot dan air zamzam yang bisa dibawa jika diperlukan. Diketahui, ratusan ribu botol air Zamzam biasanya didistribusikan setiap tahunnya.

Simak fakta haji lainnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2