3 Astronaut China Sukses Merapat ke Stasiun Luar Angkasa

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 17:02 WIB
A Long March-2F Y12 rocket carrying a crew of Chinese astronauts in a Shenzhou-12 spaceship lifts off at the Jiuquan Satellite Launch Center in Jiuquan in northwestern China, Thursday, June 17, 2021. China has launched the first three-man crew to its new space station in its the ambitious programs first crewed mission in five years. (AP Photo/Ng Han Guan)
Roket Long March-2F yang membawa tiga astronaut China dalam kendaraan luar angkasa Shenzhou-12 (AP Photo/Ng Han Guan)
Beijing -

Kendaraan luar angkasa China, Shenzhou-12, yang membawa tiga astronaut dilaporkan berhasil merapat pada modul inti Tianhe pada Stasiun Luar Angkasa Tiangong usai diluncurkan dengan roket Long March-2F pada Kamis (17/6) pagi waktu setempat.

Seperti dilansir Xinhua News Agency, Kamis (17/6/2021), Badan Antariksa Berawak China (CMSA) menyatakan bahwa Shenzhou-12 menyelesaikan pengaturan status orbit setelah memasuki orbit luar angkasa dan melakukan pertemuan dan docking otonom cepat dengan port docking bagian depan modul inti Tianhe sekitar pukul 15.54 waktu Beijing.

Proses itu membentuk kompleks tiga modul dengan pesawat kargo Tianzhou-2, yang lebih dulu diluncurkan pada 29 Mei dan merapat dengan Tianhe pada 30 Mei.

Keseluruhan proses itu, sebut CMSA, memakan waktu sekitar 6,5 jam.

Ini menjadi pertemuan dan docking pertama Tianhe dengan kendaraan luar angkasa Shenzhou sejak modul inti itu diluncurkan ke orbit pada 20 April lalu.

Kendaraan luar angkasa ini, dengan dipasang pada bagian atas roket pembawa Long March-2F, diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan, Gurun Gobi, China, pada Kamis (17/6) pagi, sekitar pukul 09.22 waktu setempat.

Ketiga astronaut yang dibawa oleh Shenzhou-12, terdiri atas Nie Hasiheng, Liu Boming dan Tang Hongbo, akan memasuki modul Tianhe, sesuai dengan rencana misi. Modul Tianhae memiliki area tempat tinggal terpisah untuk masing-masing astronaut, treadmill untuk olahraga dan pusat komunikasi untuk email dan panggilan video dengan ground control.

Peluncuran tiga astronaut ini menjadi misi berawak pertama China dalam nyaris lima tahun terakhir.

(nvc/ita)