Angka Kematian Akibat Virus Corona di AS Tembus 600 Ribu

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 08:22 WIB
Ilustrasi pasien di rumah sakit
ilustrasi (Foto: iStock)
Jakarta -

Jumlah total kematian akibat COVID-19 di Amerika Serikat kini telah mencapai 600.000 pada Selasa (15/6) waktu setempat. Jumlah ini hampir sama dengan jumlah warga Amerika yang meninggal karena kanker pada tahun 2019.

Di seluruh dunia, angka kematian COVID-19 mencapai sekitar 3,8 juta kematian.

Upaya vaksinasi di AS telah secara drastis menurunkan kasus infeksi virus Corona dan kematian setiap hari, serta memungkinkan negara itu bangkit dari kesuraman akibat pandemi.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (16/7/2021), dengan kedatangan vaksin pada pertengahan Desember 2020 lalu, kematian COVID-19 per hari di AS telah anjlok menjadi rata-rata sekitar 340 kematian, dari angka tertinggi lebih dari 3.400 kematian pada pertengahan Januari lalu. Jumlah kasus infeksi kini rata-rata sekitar 14.000 kasus sehari, turun dari seperempat juta kasus per hari selama musim dingin.

Jumlah kematian sebenarnya di AS dan di seluruh dunia diperkirakan jauh lebih tinggi, dengan banyak kasus diabaikan atau mungkin disembunyikan oleh beberapa negara.

Presiden Joe Biden dalam kunjungannya ke Eropa, mengatakan bahwa meski kasus infeksi baru dan kematian menurun secara dramatis di AS, "masih ada terlalu banyak nyawa yang hilang", dan "sekarang bukan waktunya untuk menurunkan kewaspadaan kami."

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC, lebih dari 50 persen orang Amerika setidaknya telah menerima satu dosis vaksin, sementara lebih dari 40 persen telah divaksinasi penuh.

Simak juga 'Covid-19 Terkendali, Pembatasan Aktivitas di California Dicabut':

[Gambas:Video 20detik]