Naftali Bennett Jadi PM Israel, Akhiri Kebuntuan Politik 2 Tahun

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 12:40 WIB
Israels new prime minister Naftali Bennett holds a first cabinet meeting in Jerusalem Sunday, June 13, 2021. Israels parliament has voted in favor of a new coalition government, formally ending Prime Minister Benjamin Netanyahus historic 12-year rule. Naftali Bennett, a former ally of Netanyahu became the new prime minister (AP Photo/Ariel Schalit)
Naftali Bennett, PM Israel yang baru (Foto: AP/Ariel Schalit)
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu akhirnya lengser setelah berkuasa selama 12 tahun. Netanyahu yang menjadi perdana menteri terlama di negeri Yahudi itu, kini digantikan oleh Naftali Bennett, mantan sekutunya yang telah bermitra dengan partai-partai sayap kiri dan tengah untuk mengakhiri kekuasaannya.

Dilantiknya Bennett sebagai PM baru Israel mengakhiri kebuntuan politik selama dua tahun terakhir. Israel telah mengadakan empat kali pemilihan umum dalam dua tahun terakhir ketika Netanyahu memegang kekuasaan.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Senin (14/6/2021), berikut kronologi krisis politik di Israel tersebut:

- Kebuntuan -

Dalam pemilihan umum pada 9 April 2019, Netanyahu berharap untuk menang lagi, meskipun dirundung tuduhan korupsi.

Partai Likud pimpinan Netanyahu dan aliansi Biru dan Putih penantangnya, Benny Gantz telah bersaing ketat dengan mendapatkan masing-masing 35 kursi.

Parlemen memilih Netanyahu, yang didukung oleh partai-partai sayap kanan yang lebih kecil, untuk mencoba membentuk pemerintahan mayoritas.

Tetapi setelah berminggu-minggu tawar-menawar politik, Netanyahu tidak dapat memimpin mayoritas di parlemen dengan 120 kursi.

Batas waktu pun berakhir, dan parlemen Israel, Knesset setuju untuk mengadakan pemilihan baru.

- Kebuntuan lagi -

Pemilihan berikutnya pada 17 September adalah persaingan ketat lainnya, dengan partai Gantz meraih 33 kursi sementara partai Likud mendapat 32 kursi.

Simak video 'Kekuasaan 12 Tahun Benjamin Netanyahu Berakhir':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2