Italia Tangkap Seorang Pria Terkait Kematian 39 Migran Vietnam

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 16:50 WIB
Ilustrasi Penjara, Sel, Lapas, Jeruji Besi
ilustrasi (Foto: Ilustrasi/Thinkstock)
Jakarta -

Kepolisian Italia menangkap seorang pria yang dicari oleh Inggris sehubungan dengan rencana penyelundupan manusia yang menyebabkan kematian 39 migran Vietnam di belakang sebuah truk.

Stefan Damian Dragos, seorang warga negara Rumania berusia 28 tahun, dituduh menyediakan truk yang mengangkut para migran ke Inggris. Demikian menurut sebuah pernyataan kepolisian Italia seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (12/6/2021).

Kepolisian Italia menyatakan, Dragos, yang ditahan oleh polisi Italia di kota Milan dengan surat perintah penangkapan Inggris, "merupakan anggota organisasi kriminal yang didedikasikan untuk imigrasi ilegal".

Sebanyak 39 warga Vietnam - yang termuda adalah dua anak laki-laki berusia 15 tahun - ditemukan mati lemas di dalam kontainer saat mereka diangkut ke tempat, yang mereka harapkan akan menjadi kehidupan baru di Inggris.

Jasad para migran itu ditemukan di dalam unit kontainer yang disegel di sebuah pelabuhan dekat London, Inggris pada Oktober 2019.

Kasus ini memberikan cahaya baru yang mengejutkan tentang sejauh mana para migran akan pergi untuk mencapai Inggris, dan geng-geng yang mengeksploitasi keputusasaan mereka.

Pemimpin geng penyelundup, Ronan Hughes dan Gheorghe Nica, dihukum karena 39 pembunuhan di pengadilan London awal tahun ini. Mereka masing-masing dihukum penjara selama 20 tahun dan 27 tahun.

Pengemudi truk Maurice Robinson dan Eamonn Harrison juga dijatuhi hukuman masing-masing 13 tahun dan 18 tahun penjara.

(ita/ita)