Kapal Migran Kuba Terbalik di Florida, 10 Orang Hilang

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 29 Mei 2021 15:06 WIB
Pulau terperncil d tengah laut. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
ilustrasi (Foto: Dikhy Sasra)
Jakarta -

Sebuah kapal migran yang mengangkut 20 warga Kuba terbalik di wilayah perairan lepas pantai Florida, Amerika Serikat. Sedikitnya 10 orang hilang dalam insiden itu.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (29/5/2021), otoritas Penjaga Pantai AS pada hari Jumat (28/5) waktu setempat melakukan pencarian 10 orang yang hilang tersebut.

Pihak berwenang melaporkan pada Kamis (27/5) malam waktu setempat, bahwa mereka telah menemukan dua jasad di dekat Florida Keys dan berhasil menyelamatkan delapan orang dari laut.

Penjaga Pantai mengatakan di Twitter bahwa "berbagai aset udara & permukaan" yang dikerahkan sepanjang malam akan berlanjut sepanjang hari.

Sebelumnya, seorang awak Penjaga Pantai sedang melakukan patroli rutin pada hari Kamis (27/5) ketika dia melihat orang-orang di dalam air.

Para penyintas mengatakan mereka meninggalkan Puerto de Mariel di Kuba pada hari Minggu (23/5) dan terbalik pada Rabu (26/5) malam waktu setempat.

Diketahui bahwa warga Kuba kerap mencoba mencapai Amerika Serikat melalui laut dengan menggunakan kapal seadanya yang tidak cocok untuk melintasi Selat Florida.

Krisis ekonomi yang semakin parah di Kuba telah memicu peningkatan jumlah orang yang berusaha melarikan diri dari wilayah itu.

Dalam delapan bulan terakhir, Penjaga Pantai AS telah mencegat 298 warga Kuba. Angka ini meningkat tajam dibandingkan dengan 49 orang dari Oktober 2019 hingga September 2020.

(ita/ita)