Kampus di Nigeria Diserang, 1 Mahasiswa Tewas 10 Orang Diculik

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 02:25 WIB
Stop Child Violence and Trafficking. Stop Violence Against Children, child bondage in angle image blur , Human Rights Day concept.
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tinnakorn Jorruang)
Kaduna -

Kelompok bersenjata menyerang sebuah sekolah politeknik di Nigeria utara. Satu mahasiswa dinyatakan tewas dan 10 orang lainnya diculik.

Dilansir Reuters, Sabtu (12/6/2021) Orang-orang bersenjata menyerang kampus utama Politeknik Nuhu Bamalli di Zaria, negara bagian Kaduna, Kamis malam. Mereka menembak secara sporadis.

Komisaris keamanan dalam negeri negara bagian Samuel Aruwan mengatakan kelompok itu menculik dua dosen. Sementara delapan lainnya mahasiswa.

Aruwan mengatakan dua mahasiswa tertembak. Satu meninggal dunia, sedangkan satu lagi dirawat di rumah sakit.

Ketua bagian sekolah dari Serikat Staf Akademik Politeknik (ASUP), Aliyu Kofa mengatakan dua dosen dan sekitar 10 mahasiswa diculik. Dia menambahkan bahwa para bandit telah membebaskan keluarga staf, yang awalnya juga diculik.

Para penculik belum mengajukan tuntutan tebusan. Hal itu diungkapkan oleh Kofa dan Aruwan.

Penculikan oleh orang-orang bersenjata, yang biasa disebut bandit, telah menjadi endemik di Nigeria utara. Lebih dari 800 siswa telah diculik sejak Desember, terakhir awal bulan ini ketika hampir 200 diculik dari sebuah sekolah di negara bagian Niger.

(lir/lir)