China Undang Penduduk Taiwan untuk Divaksin Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 17:29 WIB
Foto kolase dari ilustrasi masker dan vaksin pfizer
ilustrasi (Foto: AP Photo)

Di Taiwan, baru 3 persen dari total 23,5 juta jiwa penduduk Taiwan yang telah menerima setidaknya satu dosis suntikan vaksin Corona, meski jutaan dosis telah dipesan. Pekan lalu, Jepang memberikan 1,24 juta dosis vaksin AstraZeneca secara gratis dan Amerika Serikat (AS) menjanjikan akan menyumbangkan 750.000 dosis vaksin Corona, yang belum tiba di Taiwan sejauh ini.

Namun terlepas dari itu, tawaran China tampaknya tidak menarik perhatian warga Taiwan. Jajak pendapat yang dilakukan Universitas Chengchi Nasional di Taipei bulan lalu menunjukkan sebagian besar warga Taiwan tidak bersedia mendapatkan vaksin China.

Dalam pernyataan kepada Reuters, seorang pejabat keamanan Taiwan yang mengawasi aktivitas China menyebut tawaran terbaru itu menjadi contoh lain dari kampanye pengaruh dari China untuk mempengaruhi opini publik Taiwan.

"Ini mungkin menarik bagi beberapa orang, tapi masalahnya tidak banyak orang bisa membiayainya," sebut pejabat yang enggan disebut namanya itu, merujuk pada biaya yang dibutuhkan dan waktu yang diperlukan untuk menjalani karantina jika bepergian dari Taiwan ke China.

Halaman

(nvc/ita)