China Undang Penduduk Taiwan untuk Divaksin Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 17:29 WIB
Foto kolase dari ilustrasi masker dan vaksin pfizer
ilustrasi (Foto: AP Photo)
Beijing -

Pemerintah China mengundang penduduk Taiwan untuk datang ke wilayahnya dan menerima suntikan vaksin virus Corona (COVID-19). China juga menyerukan Taiwan untuk menghapus hambatan dan mengizinkan penduduknya menerima vaksin Corona buatan China yang diklaim 'sangat efektif'.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (11/6/2021), China mengklaim secara demokratis menguasai Taiwan sebagai bagian wilayahnya, dan berulang kali menawarkan untuk mengirimkan pasokan vaksin Corona ke Taiwan, yang tengah menghadapi lonjakan kasus beberapa waktu terakhir.

Namun otoritas Taiwan menolak tawaran China itu karena mengkhawatirkan keamanan vaksin China dan belum memberikan izin penggunaan untuk vaksin China.

Dalam pernyataan terbaru, Kantor Urusan Taiwan di China menyebut vaksin China telah mendapatkan izin penggunaan darurat oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan menegaskan vaksin China telah digunakan atau mendapat persetujuan oleh lebih dari 90 negara, menunjukkan keamanan dan efikasinya.

Bahkan Kantor Urusan Taiwan di China menyatakan bahwa penduduk Taiwan bisa datang ke wilayah China dan divaksinasi Corona, asalkan mereka benar-benar mematuhi langkah pengendalian pandemi yang berlaku di China.

Tidak hanya itu, Kantor Urusan Taiwan di China juga mendorong pemerintah Taiwan untuk 'dengan cepat menghapus hambatan buatan untuk vaksin (China) daratan yang dikirimkan ke Taiwan dan mengizinkan penduduk Taiwan untuk menerima vaksin daratan yang aman dan sangat efektif'.

Lebih lanjut disebutkan Kantor Urusan Taiwan di China bahwa sekitar 62.000 penduduk Taiwan telah divaksinasi di China hingga 31 Mei, meskipun banyak warga Taiwan yang tinggal dan bekerja di wilayah China daratan.