International Updates

Macron Terus Sapa Warga Usai Ditampar, Israel Tembak Mati 3 Warga Palestina

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 16:29 WIB
French President Emmanuel Macron talks to journalists Tuesday June 8, 2021 at the Hospitality school in Tain-lHermitage, southeastern France. French President Emmanuel Macron has been slapped in the face by a man during a visit in a small town of southeastern France, Macrons office confirmed. (Philippe Desmazes, Pool via AP)
Presiden Prancis Emmanuel Macron (Foto: Philippe Desmazes, Pool via AP)
Jakarta -

Presiden Prancis Emmanuel Macron akan terus menyapa orang banyak selama tur nasionalnya, meskipun ada kekhawatiran keamanan yang membuatnya ditampar oleh seorang pria di wilayah selatan Prancis.

Macron tampak menganggap enteng insiden penamparan yang dialaminya pada hari Selasa (8/6) waktu setempat di desa Tain l'Hermitage, menyebutnya sebagai "peristiwa tersendiri" dan "kebodohan". Di hari yang sama setelah insiden itu, dia bahkan tetap pergi untuk mengobrol dengan warga dalam kunjungannya di kota terdekat Valence.

"Jelas perjalanannya akan berlanjut: presiden akan tetap berhubungan dengan publik Prancis," kata juru bicara pemerintah Gabriel Attal seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (10/6/2021).

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (10/6/2021):

- Pesawat Militer Myanmar Jatuh, Biksu Senior Dikabarkan Tewas

Sebuah pesawat militer Myanmar yang membawa biksu senior jatuh di dekat pusat kota Mandalay karena cuaca buruk pada hari Kamis (10/6) ini. Jumlah korban jiwa simpang siur.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (10/6/2021), pesawat militer Myanmar tersebut mengangkut enam awak dan delapan penumpang. Pesawat tersebut meninggalkan ibu kota Naypyidaw pada Kamis pagi menuju Pyin Oo Lwin, sebuah kota di wilayah Mandalay.

"Pesawat kehilangan komunikasi ketika berjarak 400 meter (1.300 kaki) dari sebuah pabrik baja di dekat bandara di Mandalay," kata juru bicara junta militer, Zaw Min Tun dalam sebuah pernyataan yang mengaitkan kecelakaan itu dengan "cuaca buruk".

- 3 Warga Palestina Tewas Ditembak Pasukan Israel di Tepi Barat

Tiga warga Palestina tewas ditembak pasukan khusus Israel yang sedang dalam misi penangkapan di wilayah Tepi Barat utara.

Seperti dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (10/6/2021), seorang pejabat keamanan Israel mengatakan, salah satu warga Palestina yang tewas diduga melakukan serangan penembakan terhadap tentara-tentara Israel.

Dua korban tewas lainnya adalah anggota pasukan keamanan Otoritas Palestina yang menyaksikan baku tembak awal.

Pejabat keamanan Israel mengatakan kepada AFP bahwa pasukan khusus berada di Jenin untuk mencoba "menangkap dua teroris yang telah melakukan serangan penembakan".

- AS Akan Sumbangkan 500 Juta Dosis Vaksin Pfizer ke Seluruh Dunia

Amerika Serikat (AS) telah membeli dan akan menyumbangkan 500 juta dosis vaksin virus Corona (COVID-19) buatan Pfizer ke seluruh dunia. AS diketahui tengah berupaya menjadi pemain kunci dalam memperluas vaksinasi Corona ke negara-negara lain yang membutuhkan.

Seperti dilansir CNN, Kamis (10/6/2021), seorang sumber yang memahami kebijakan AS itu menuturkan kepada CNN bahwa Presiden Joe Biden akan mengumumkan sumbangan ratusan juta vaksin Corona itu dalam pertemuan G7 di Inggris pekan ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2