Satu Dekade Perang di Suriah, Hampir Setengah Juta Orang Tewas

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 07:45 WIB
Perang Saudara Suriah adalah sebuah konflik bersenjata berbagai pihak dengan intervensi internasional yang berlangsung di Suriah.
Potret satu dekade perang Suriah (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Perang di Suriah sudah terjadi selama satu dekade, sejak 2011 lalu. Akibat perang itu, hampir setengah juta orang tewas.

Dilansir AFP, Rabu (2/6/2021), tercatat jumlah korban meninggal dunia akibat perang Suriah sebanyak 494.438. Data tersebut dicatat oleh Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris.

Data tersebut diperbarui pada Selasa (1/6) kemarin. Pada Maret lalu, jumlah kematian akibat perang Suriah lebih dari 388.000 orang.

Kepala Observatorium Rami Abdel Rahman mengatakan korban tewas paling banyak terjadi pada 2012 dan 2015. "Sebagian besar kematian ini terjadi antara akhir 2012 dan November 2015," katanya.

Lebih lanjut, Abdel menerangkan ada 42 ribu warga sipil kehilangan nyawa akibat perang Suriah. Kebanyakan korban tewas di bawah penyiksaan.

Pihaknya kini terus mengumpulkan bukti penyiksaan yang mengakibatkan tewasnya warga sipil. Saat ini, gencatan senjata masih berlangsung di sepanjang garis depan utama di wilayah Idlib di barat laut.

Gencatan senjata ini memberi ruang bagi Abdel dan timnya untuk mengumpulkan bukti kekerasan yang dilakukan rezim terhadap warga sipil.

"Ini memberi kami untuk mendokumentasikan puluhan ribu kasus," ucapnya.

Selain itu, perang juga menewaskan 68.393 jihadis, sebagian yang tewas berasal dari kelompok ISIS yang terkait dengan Al-Qaeda. Selain itu, ada 79.844 tewas dari kelompok pemberontak lain

Simak juga 'Serangan Rudal Israel Tewaskan 1 Warga Sipil Suriah':

[Gambas:Video 20detik]



(man/aud)