China Setujui Vaksin Sinovac untuk Anak 3 Tahun, Kapan Vaksinasi Dimulai?

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 15:44 WIB
BANGKOK, THAILAND - JUNE 07: A woman takes a selfie while being administered the AstraZeneca Covid-19 coronavirus vaccine by a health worker at the mass vaccination site inside the Siam Paragon shopping mall on June 07, 2021 in Bangkok, Thailand. Thailand began rolling out its long-anticipated mass vaccination program on Monday. The government has said it will vaccinate around 70 percent of its population by the end of the year, with either  Sinovac or AstraZeneca vaccines. The government has also announced plans to acquire Pfizer and Johnson & Johnson vaccines to bolster its program. (Photo by Sirachai Arunrugstichai/Getty Images)
ilustrasi (Foto: Getty Images/Sirachai Arunrugstichai)
Jakarta -

Pemerintah China telah menyetujui penggunaan darurat vaksin COVID-19 untuk anak-anak berusia tiga tahun ke atas. Ini menjadikan China sebagai negara pertama di dunia yang akan memberikan vaksin Corona kepada anak-anak kecil.

Sejak virus Corona pertama kali muncul di Wuhan, China, otoritas Beijing sebagian besar berhasil mengendalikan wabah di negara itu, dan telah memberikan lebih dari 777 juta dosis vaksin setelah awal yang lamban.

Seorang juru bicara Sinovac mengatakan kepada AFP bahwa vaksin buatan perusahaan tersebut telah disetujui untuk digunakan pada anak-anak.

"Dalam beberapa hari terakhir, vaksin Sinovac disetujui untuk penggunaan darurat pada anak berusia tiga hingga 17 tahun," kata juru bicara itu seperti dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (8/6/2021).

Tetapi dia tidak mengkonfirmasi kapan anak-anak dapat mulai menerima suntikan vaksin Sinovac. Dikatakannya, jadwal peluncuran vaksinasi akan diputuskan oleh Komisi Kesehatan Nasional "sesuai dengan kebutuhan pencegahan dan pengendalian epidemi China saat ini dan pasokan vaksin".

Juru bicara tersebut mengatakan, Sinovac telah menyelesaikan uji coba fase awal vaksin pada anak-anak dan remaja, dengan hasil yang akan segera dipublikasikan di jurnal ilmiah Lancet.

Sebelumnya, media CCTV melaporkan pada akhir pekan bahwa seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya di satuan tugas respons epidemi Dewan Negara mengatakan, vaksin telah disetujui untuk anak-anak, dan "keamanan dan efektivitas" telah terbukti.

Lihat Video: China Setujui Penggunaan Vaksin Sinovac Pada Anak

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2