Keluarga Muslim Dibunuh, Ini Rentetan Serangan pada Muslim di Kanada

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 11:23 WIB
The Canadian national flag flies above the Canadian embassy in Beijing, China, January 15, 2019.  REUTERS/Thomas Peter
Ilustrasi (dok. REUTERS/Thomas Peter)
Ottawa -

Serangan truk mematikan yang menewaskan empat orang anggota keluarga Muslim di Ontario, Kanada, mengejutkan publik. Namun serangan terhadap warga Muslim semacam bukan yang pertama terjadi di negara ini, dengan ratusan insiden tercatat dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti dilansir media lokal Ottawa Citizen, Selasa (8/6/2021), lima orang sekeluarga ditabrak sebuah truk saat sedang berjalan kaki di wilayah London, Ontario, pada Minggu (6/6) malam waktu setempat. Empat orang di antaranya tewas dan satu anak berusia 9 tahun mengalami luka-luka serius.

Pelaku penyerangan, yang diidentifikasi bernama Nathaniel Veltman (20), telah ditahan dan menghadapi empat dakwaan pembunuhan tingkat pertama. Kepala Kepolisian London, Steve Williams, menyatakan para penyidik 'meyakini ini aksi yang disengaja' dan para korban 'ditargetkan karena keyakinan Islam mereka'.

Serangan itu dan penangkapan tersangka membuat terkejut warga kota London dan sekitarnya. Namun serangan dan tindak kekerasan terhadap warga Muslim cukup marak terjadi di berbagai wilayah Kanada.

Mulai tahun 2015-2019, Dewan Muslim Nasional Kanada mencatat lebih dari 300 insiden, termasuk lebih dari 30 tindak kekerasan fisik.

Serangan yang paling banyak diketahui adalah penembakan di Pusat Kebudayaan Islam, Quebec City, pada 29 Januari 2017. Sedikitnya enam orang tewas dan 19 orang lainnya mengalami luka serius saat pria bersenjata melepas tembakan di pusat budaya itu.

Selain penembakan itu, berikut sejumlah rentetan serangan terhadap warga Muslim di Kanada lainnya berdasarkan data Dewan Muslim Kanada:

31 Maret 2015: Seorang wanita menyerang seorang wanita Muslim di area transit Montreal. Dia berulang kali memukuli wajah dan tubuh bagian atas wanita Muslim itu sambil meneriakkan kata-kata hinaan bernada rasis.

Simak video '4 Anggota Keluarga Muslim Tewas Diserang di Kanada':

[Gambas:Video 20detik]