Korban Tewas Tabrakan 2 Kereta di Pakistan Bertambah Jadi 43 Orang

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 00:26 WIB
Tabrakan 2 kereta di Pakistan
Tabrakan 2 kereta di Pakistan (Foto: Tangkapan layar)
Pakistan -

Korban tewas akibat kecelakaan kereta api di Pakistan bertambah. Data terbaru, kini korban tewas akibat insiden itu mencapai 43 orang.

Dilansir dari AFP, Senin (7/6/2021), insiden itu terjadi pukul 03.30 pagi (22.30 GMT) di dekat Daharki, di bagian terpencil provinsi pedesaan Sindh, Pakistan. Sebuah kereta api cepat yang menuju dari Karachi ke Sargodha tergelincir ke jalur yang dilalui kereta dari arah Rawalpindi di arah yang berlawanan. Sebuah kereta cepat lainnya kemudian menabrak kereta yang tergelincir tersebut.

Beberapa orang terjebak selama berjam-jam di reruntuhan yang hancur akibat tabrakan. Umar Tufail, seorang perwira senior polisi Daharki mengatakan 43 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Proses evakuasi pun berlangsung hingga Senin malam. Tentara dan insinyur sipil memimpin upaya massal untuk membersihkan dan memperbaiki rel.

Insiden itu terjadi ketika sebagian penumpang tertidur. Para penumpang terpental, dan sebagian ada yang berusaha keluar dari gerbong ketika insiden terjadi.

"Kami jatuh satu sama lain, tapi itu tidak terlalu fatal," kata Akhtar Rajput, seorang penumpang di kereta yang tergelincir, kepada AFP.

"Kemudian kereta lain menabrak kami entah dari mana, dan itu menghantam kami lebih keras. Ketika saya sadar kembali, saya melihat penumpang tergeletak di sekitar saya, beberapa berusaha keluar dari gerbong," lanjutnya.

"Saya bingung dan mencoba mencari tahu apa yang terjadi pada kami ketika kereta lain menabrak," kata penumpang lain, Shahid.

Kecelakaan kereta api sering terjadi di Pakistan, yang mewarisi ribuan kilometer rel dan kereta api dari bekas kekuasaan kolonial Inggris.

Tetapi jaringan tersebut telah mengalami penurunan kondisi selama beberapa dekade karena korupsi, salah urus, dan kurangnya investasi.

Sebelumnya, sedikitnya 75 orang tewas ketika sebuah kereta api terbakar saat melakukan perjalanan dari Karachi ke Rawalpindi pada Oktober 2019.

Dua kereta yang membawa ratusan penumpang bertabrakan di Karachi pada tahun 2016 dan menewaskan 21 orang.

(eva/eva)