Round-Up

Mulai Longgar Lockdown Corona di Sebagian Wilayah India

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 06 Jun 2021 20:09 WIB
Otoritas India melaporkan lebih dari 73 ribu kasus virus Corona dalam sehari di wilayahnya. Total kasus Corona di India semakin mendekati angka 7 juta kasus.
Kasus COVID India diklaim mulai menurun, negara-negara bagian mulai longgarkan lockdown (Foto: AP Photo)
New Delhi -

Sebagian wilayah di India mulai melonggarkan lockdown corona. Hal ini dilakukan usai kasus harian COVID India dalam kategori terendah sejak dua bulan belakangan.

Menurut data statistik, kasus harian di seluruh India telah turun menjadi sekitar 120.000 dari sebelumnya mencapai lebih dari 400.000 pada Mei. Angka kematian juga mengalami penurunan, dengan 3.380 kasus dilaporkan dalam 24 jam terakhir.

Ibu Kota New Delhi rencananya akan membangun kapasitas penyimpanan oksigen sebanyak 420 ton, usai kebutuhan terhadap tabung oksigen meningkat dalam beberapa waktu belakangan. Dengan kapasitas tersebut, New Delhi akan mampu mengatasi 37.0000 kasus per hari.

Ada beberapa negara bagian di India yang mulai mengeluarkan aturan pelonggaran lockdown, seperti di Ibu Kota New Delhi, Uttar Pradesh, Maharashtra, Gujarat hingga Odisha Timur dan Tamil Nadu.

Berikut kebijakan negara-negara bagian di India yang mulai melonggarkan kebijakan lockdown pasca penurunan kasus harian:

New Delhi

Ibu kota New Delhi menjadi salah satu wilayah yang melonggarkan lockdown. Sejumlah toko, kantor, hingga layanan kereta mulai kembali beroperasi, dengan sejumlah syarat.

Toko-toko mulai diizinkan buka dengan cara bergantian setiap hari, sesuai dengan nomor toko. Nomor toko ganjil dan genap dibedakan hari buka.

Sementara itu, kantor-kantor swasta diizinkan mulai beroperasi dengan 50 persen kapasitas. Begitu pula dengan kereta cepat Delhi Metro.

Keputusan untuk melonggarkan pembukaan toko, kantor dan layanan kereta cepat dilakukan usai New Delhi membuka kembali lokasi kontruksi dan pabrik. Izin tersebut dilakukan pekan lalu.

"Penting untuk mengembalikan ekonomi ke jalurnya sekarang setelah situasi COVID-19 membaik. Kami berdoa agar situasinya tetap sama." kata Kepala Menteri New Delhi Arvind Kejriwal dalam konferensi pers virtual.