Putin Sebut Rusia Bersiap Lakukan Vaksinasi Corona ke Warga Asing

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 16:45 WIB
Russian President Vladimir Putin speaks via video call during a news conference in Moscow, Russia, Thursday, Dec. 17, 2020. This year, Putin attended his annual news conference online due to the coronavirus pandemic. (Aleksey Nikolskyi, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Vladimir Putin (dok. Aleksey Nikolskyi, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Dalam forum yang sama, kepala Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF), yang mendanai produksi vaksin, Kirill Dmitriyev, menyatakan Rusia bisa mulai terbuka untuk 'wisata vaksin' pada Juli mendatang.

Rusia mendaftarkan vaksin Sputnik V pada Agustus 2020, yang mencetak rekor sebagai vaksin Corona pertama di dunia. Diberi nama yang sama dengan satelit pertama Rusia yang diluncurkan tahun 1957, vaksin Sputnik V diklaim Putin sebagai suntikan 'terbaik di dunia'.

Jurnalis medis independen terkemuka, The Lancet, menganggap vaksin Sputnik V efektif melawan Corona dalam kajiannya yang dirilis Februari lalu.

Dalam forum ini, Putin juga mendorong warga Rusia untuk divaksin Corona. Diketahui bahwa program vaksinasi Corona dilakukan secara gratis terhadap warga Rusia. Namun laju vaksinasi di negara ini tergolong lebih lamban dari negara-negara maju lainnya.

Kementerian Kesehatan Rusia menuturkan pekan lalu bahwa baru sekitar 17 juta orang, dari total 144 juta jiwa populasi Rusia, yang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Corona.


(nvc/idh)