Putin Sebut Rusia Bersiap Lakukan Vaksinasi Corona ke Warga Asing

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 16:45 WIB
Russian President Vladimir Putin speaks via video call during a news conference in Moscow, Russia, Thursday, Dec. 17, 2020. This year, Putin attended his annual news conference online due to the coronavirus pandemic. (Aleksey Nikolskyi, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Vladimir Putin (dok. Aleksey Nikolskyi, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Moskow -

Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyatakan negaranya bersiap mengizinkan warga negara asing (WNA) untuk disuntik vaksin virus Corona (COVID-19) di wilayahnya. Rusia disebut mungkin memberikan vaksinasi Corona dengan biaya tertentu kepada WNA yang bepergian ke negara tersebut.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (5/6/2021), langkah merupakan bagian dari upaya Rusia untuk meningkatkan reputasi global vaksin buatannya, Sputnik V.

Berbicara dalam Forum Ekonomi Internasional St Petersburg (SPIEF) pada Jumat (4/6) waktu setempat, Putin menyatakan banyak orang datang ke Rusia untuk divaksin Corona. Disebutkan Putin bahwa Rusia siap memvaksinasi warga negara asing yang datang ke wilayahnya.

Lebih lanjut, Putin mengungkapkan bahwa dirinya menugaskan pemerintah Rusia mengatur akses untuk program vaksinasi berbayar untuk warga negara asing.

"Saya meminta pemerintah mempelajari masalah ini secara menyeluruh pada akhir bulan ini, untuk menetapkan kondisi bagi warga negara asing untuk divaksinasi di negara kita dengan biaya," ungkap Putin, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Putin menyebut bahwa vaksin Sputnik V telah disetujui penggunaannya di sebanyak 66 negara, dengan total gabungan populasinya mencapai lebih dari tiga miliar orang. Vaksin Sputnik V juga kini tengah dikaji baik oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Obat-obatan Eropa (EMA).

"Dengan mempertimbangkan efisiensi vaksin kami, saya tahu bahwa permintaan semacam itu cukup tinggi," ujarnya. "Industri farmasi domestik siap untuk lebih menggenjot produksi vaksin," cetus Putin.