Mesir Kirim Puluhan Alat Berat untuk Bangun Kembali Gaza

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 09:30 WIB
Serangan udara Israel selama 11 hari di Jalur Gaza mengakibatkan sejumlahlah bangunan rusak. Begini penampakannya.
Potret kehancuran di Gaza usai digempur Israel (dok. AP Photo)
Gaza City -

Mesir telah mengirimkan konvoi bantuan alat berat beserta tim ahli bangunan ke Jalur Gaza untuk memulai proses pembangunan kembali usai wilayah itu hancur digempur Israel. Alat penggali, truk dan crane dikerahkan guna 'mempersiapkan tanah untuk pembangunan kembali' wilayah Gaza

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (5/6/2021), tayangan televisi nasional Mesir pada Jumat (4/6) waktu setempat menunjukkan puluhan buldoser, crane dan truk berbendera Mesir dalam konvoi melewati perlintasan perbatasan Gaza.

Warga Palestina di Gaza berbaris di tepi jalanan di perlintasan Rafah untuk menyambut konvoi tersebut. Salah satu pejabat perbatasan Gaza menyebut ada 50 kendaraan yang melintas.

"Kami bergegas dengan semua uang kami, perlengkapan, dan apa yang kami miliki untuk bergabung warga Palestina dalam pembangunan kembali. Setiap Muslim dan setiap warga Mesir ingin mengambil bagian (dalam pembangunan kembali)," tutur salah satu sopir truk Mesir, Mahmoud Ismail, kepada Reuters.

Perlintasan perbatasan Rafah, yang terletak di perbatasan Gaza-Mesir, merupakan satu-satunya jalan masuk ke Gaza yang tidak dikuasai Israel. Mesir membuka perlintasan perbatasan ini sejak Februari lalu hingga waktu yang belum ditentukan, setelah faksi Hamas dan Fatah sepakat mengupayakan rekonsiliasi usai perundingan di Kairo.

"Mengikuti arahan Presiden Abdel Fattah al-Sisi, tim para insinyur dan teknisi melintasi titik perbatasan Rafah," demikian pernyataan pemerintah Mesir.

Pernyataan itu juga menyebut bahwa alat-alat berat itu akan digunakan untuk 'membersihkan puing-puing' yang banyak berserakan di wilayah Gaza demi 'mempersiapkan tanah untuk pembangunan kembali'.

Lihat Video: Menlu Israel-Mesir Bertemu Bahas 'Gencatan Senjata di Gaza'

[Gambas:Video 20detik]