Menhan AS Telepon Putra Mahkota Arab Saudi, Bahas Apa?

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 15:38 WIB
Saudi Crown Prince Mohammed bin Salman speaks during the meeting of Islamic Military Counter Terrorism Coalition defence ministers in Riyadh, Saudi Arabia November 26, 2017. Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS PICTURE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY.
Pangeran Mohammed bin Salman (dok. Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS)
Washington DC -

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Lloyd Austin, pekan ini berbicara via telepon dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS). Keduanya membahas isu keamanan kawasan dan upaya mengakhiri konflik Yaman.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (3/6/2021), Pentagon atau Departemen Pertahanan AS mengungkapkan bahwa percakapan telepon antara Austin dan MBS itu dilakukan pada Rabu (2/6) waktu setempat.

Juru bicara Pentagon, John Kirby, menuturkan bahwa keduanya membahas isu keamanan kawasan, khususnya upaya-upaya untuk mengakhiri konflik Yaman, dan 'upaya bilateral yang sedang berlangsung untuk meningkatkan pertahanan Arab Saudi'.

Disebutkan Kirby bahwa Austin menekankan komitmen AS dalam membantu Saudi mempertahankan wilayah dan rakyatnya. Saudi merupakan sekutu dekat AS di kawasan Timur Tengah.

Pemberontak Houthi, yang didukung Iran dan menguasai sebagian besar wilayah Yaman bagian utara sejak tahun 2014, diketahui terus melancarkan serangan lintas perbatasan ke wilayah Saudi dan berupaya merebut wilayah Marib di Yaman yang kaya gas alam.

Koalisi pimpinan Saudi melakukan intervensi dalam konflik Yaman sejak tahun 2015, setelah Houthi melengserkan pemerintahan Yaman yang didukung Saudi dari ibu kota Sanaa. Pemberontak Houthi menyatakan bahwa mereka memerangi sistem yang korup dan agresi asing.

Menurut Kirby, Austin dalam percakapan telepon dengan MBS juga 'menekankan kesuksesan Arab Saudi baru-baru ini dalam mengalahkan serangan Houthi ke Kerajaan'.

Tonton juga Video: Prabowo dan Menhan AS Bahas soal Kerja Sama Pertahanan Maritim

[Gambas:Video 20detik]