Jepang Tuntut Rusia Bebaskan 14 Nelayan yang Ditahan

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 14:47 WIB
Ilustrasi bendera jepang
Ilustrasi (dok. Reuters)
Tokyo -

Otoritas Jepang menuntut Rusia segera membebaskan 14 awak kapal penangkap ikan yang disita pekan lalu. Ditegaskan Jepang bahwa kapal penangkap ikan itu beroperasi secara legal.

Seperti dilansir AFP, Kamis (3/6/2021), kapal penangkap ikan bernama Eiho Maru No.172 itu disita oleh Rusia, pekan lalu, saat berlayar di perairan antara wilayah utara Jepang dan Sakhalin yang merupakan kawasan Timur Jauh Rusia.

Otoritas Rusia menyebut kapal nelayan Jepang itu beroperasi di dalam zona ekonomi Rusia.

Namun juru bicara pemerintah Jepang, Katsunobu Kato, menyangkal klaim tersebut dan menuntut pembebasan belasan nelayan itu segera.

"Dari kemarin hingga hari ini, kita telah menggunakan saluran diplomatik... untuk memprotes dan menyatakan bahwa pengejaran, penggeledahan, penyitaan dan penahanan kapal itu tidak bisa diterima," tegas Kato dalam konferensi pers.

"Kita telah menuntut agar para awak dan kapal itu dibebaskan segera," imbuhnya.

Dia menambahkan bahwa analisis otoritas Jepang menunjukkan kapal penangkap ikan itu beroperasi di dalam perairan zona ekonomi Jepang. Dalam pernyataannya, Kato juga menyebut para awak kapal penangkap ikan itu dalam kesehatan baik dan memiliki cukup makanan juga minuman.

Jepang dan Rusia sering terlibat perselisihan terkait hak menangkap ikan.

(nvc/ita)