Kilang Minyak Iran Terbakar Usai Kebakaran Kapal Perang

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 12:05 WIB
Fire broke out at a refinery in the Iranian capital Tehran on Wednesday, reportedly after a liquefied gas line leaked and exploded ATTA KENARE AFP
Kebakaran kilang minyak di Teheran, Iran (AFP/ATTA KENARE)
Teheran -

Kebakaran besar melalap salah satu kilang minyak yang ada di wilayah Teheran, Iran. Kebakaran dilaporkan terjadi setelah ada kebocoran pada saluran gas cair yang memicu sebuah ledakan.

Seperti dilansir AFP, Kamis (3/6/2021), laporan koresponden AFP menyebut kobaran api besar dan kepulan asap pekat membubung ke udara dari wilayah Teheran pada Rabu (2/6) malam waktu setempat.

"Insiden yang disebabkan oleh kebocoran sebuah jalur gas cair darurat memicu sebuah ledakan yang menyebabkan kebakaran," tutur kepala tim krisis Teheran, Mansour Darajati, dalam pernyataannya kepada televisi nasional Iran.

Disebutkan oleh Darajati bahwa kebakaran berawal sejak pukul 19.30 waktu setempat. Menurut reporter AFP di dekat lokasi, api masih berkobar hingga mendekati tengah malam namun tidak terlalu intens.

"Untungnya tidak ada kematian pada tahap ini," sebut Darajati.

Kilang minyak yang dilanda kebakaran itu terletak di zona industri Teheran, namun berjarak ratusan meter dari rumah-rumah warga setempat.

"Kebakarannya besar... beberapa tangki penyimpanan terbakar," tutur seorang reporter televisi nasional Iran di dekat lokasi kebakaran. "Petugas pemadam kebakaran mengelilingi area tersebut dan berupaya mengendalikan api agar tidak menjangkau tangki lainnya," imbuhnya.