Round-Up

Kasus Pertama Flu Burung Langka Jangkiti Manusia Diungkap China

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 20:03 WIB
Chicken in a coop
Foto: Ilustrasi Flu Burung (Thinkstock)
Jiangsu -

Belum selesai wabah virus Corona, kini timbul kasus flu burung jenis langka yang biasa dikenal sebagai H10N3 di provinsi Jiangsu, China Timur. Kasus flu burung jenis langka tersebut kini sudah menjangkit ke seorang pria berusia 41 tahun di negara tersebut.

Informasi penyakit flu burung langka tersebut disampaikan Komisi Kesehatan Nasional Beijing (NHC) pada hari Selasa (1/6) waktu setempat. Seperti dilansir Reuters, Rabu (2/6/2021), seorang pria yang terjangkit virus flu burung tersebut merupakan salah satu penduduk kota Zhenjiang.

Kabarnya pria tersebut dirawat di rumah sakit pada 28 April dan didiagnosis dengan H10N3 pada 28 Mei. Pihak NHC pun memberi rincian bagaimana pria tersebut terinfeksi.

NHC mengatakan, kondisi pria tersebut saat ini dalam keadaan stabil. Pria itu dikabarkan siap untuk segera dipulangkan.

Investigasi lebih lanjut terhadap kontak dekatnya juga tidak ditemukan kasus lain. NHC memastikan tidak ada kasus lain infeksi H10N3 pada manusia yang dilaporkan secara global.

Untuk diketahui, ada sejumlah jenis flu burung yang telah terdeteksi di China dan beberapa menginfeksi orang-orang secara sporadis, biasanya mereka yang bekerja di peternakan unggas. Namun, ini adalah kali pertama strain H10N3 menginfeksi manusia. Padahal tidak ada indikasi bahwa H10N3 dapat menyebar dengan mudah pada manusia.

Meski demikian, NHC menyatakan, H10N3 adalah patogen rendah, yang berarti menyebabkan penyakit yang relatif lebih ringan pada unggas. Virus jenis langka itu juga disebut tidak mungkin menyebabkan wabah skala besar.

Simak respons WHO di halaman selanjutnya.

Simak Video: Laporan Rusia soal Pertama Kalinya Flu Burung H5N8 Menular ke Manusia

[Gambas:Video 20detik]